Wednesday, 25 September 2013

Mencari Inspirasi Di Taman Suropati



Minggu kemarin  keluarga kami sengaja jalan dan datang ke sebuah taman di pusat Kota Jakarta. Tepatnya di Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat. Taman yang kami maksut adalah  Taman Suropati. Kedatangan kami kesana selain  mengenalkan sebuah taman, juga ingin mangalihkan  perhatian putriku paling kecil ini yang kebiasaan kami bawa ke Mal. Mal yang menjadi tujuan kami selama ini kalau liburan setiap sabtu dan minggu, kadang membuat sedikit pengaruh, pengaruh yang paling menonjol adalah sikapnya mau serba enak dan apa -apa restoran makanannya. Adanya  begitu di Mal, kalau main kalau gak makan disana gimana? yang pasti kami selalu mampir ke salah satu restoran disana. Yang paling sering adalah makan di restoran siap saji, karena praktis dan murah. Tapi kalau dipikir-pikir kebanyakan makanan itu tidak bagus kan untuk kesehatan. Lagi pula menimbang sudah akhir bulan, pasti pada tau apa yang terjadi. Keadaan keuangan di dompet sudah mulai menipis. Kami ingin rekresi di tempat yang nyaman tapi murah meriah dan dapat dijangkau. Nah, tempat inilah yang menjadi perhatianku. Semua atas ide aku untuk ke Taman ini dan  supaya tidak ke Mal  melulu yang menjadi tujuan main kami.

Hasilnya gak rugi kok, disana selain menjadi tempat yang nyaman untuk duduk dan melihat pemandangan di tengah Kota dengan pohon pohon besar  menjulang, kita seperti berada di tengah hutan.  Tapi ini bukan hutan belantara yang menakutkan. Taman  yang sengaja di tanamin pohon yang besar-besar. Taman ini setiap sudutnya sengaja di beri tempat duduk untuk setiap pengunjung yang hadir untuk bisa duduk sambil menikmati pemandangan taman ini.

Taman Suropati (awalnya bernama Burgemeester Bisschopplein) adalah nama sebuah taman di Jakarta. Pada awalnya nama taman ini diambil dari nama Walikota (Burgemeester) Batavia yang pertama G.J. Bisshop (1916-1920). Taman ini merupakan pusat kawasan Menteng, berada tepat di antara pertemuan tiga jalan utama yaitu Menteng Boulevard (Jl. Teuku Umar), Orange Boulevard (Jl. Diponegoro) dan Nassau Boulevard (Jl. Imam Bonjol).

Taman ini tidak seperti taman biasa. Taman ini sengaja di rawat dan sengaja di manfaatkan untuk warga Jakarta sekaligus di manfaatkan sebagai sarana rekreasi keluarga. Di taman ini juga di tulis sejarah singkat adanya Taman ini dan berbagai macam peraturan yang berkaitan dengan penggunaan taman. Yang saya lihat Minggu kemarin taman ini begitu terawat. Sampah tak ada yang berserakan alias bersih sekali, tanaman  kelihatan rapi dan saya lihat disana banyak beberapa orang yang sengaja di pekerjakan untuk merawat taman. Wah..memang perhatian Jakarta akan penghijauan  sangat di perhatikan sekali, ya.

Yang menjadi menarik di taman ini oleh kedua putriku adalah, adanya air mancur di tengah Taman. Mereka langsung kesana dan ingin main air. Hiihii ....namanya anak-anak kalau sudah melihat air pasti deh maunya mainan. Setelah puas mainan air sekedar memegang air dan duduk liat air mancur, kedua puri kamipun kami ajak keliling taman. Disekeliling taman kebetulan ada banyak jajanan. Kamipun akhirnya  jajan. Yang pasti jajan yang sehat, lho.. Sebenarnya disana banyak sekali jajanan, seperti bakso, ketoprak, mie ayam, tahu sumedang, aneka minuman dingin dan buah-buahan rujak. Tapi kami memilih buah-buahan yang kami beli dan yang pasti emaknya maunya makan rujaknya... hemmm enak dan asik makan rujak di tengah taman bareng anak-anak.
 


Aku tertarik ini foto kenapa bisa bergerak yah?


Sejarah Singkat Taman dan peraturan Taman

Buat ngalamun dan  bercengkerama bareng anak-anak ...asik juga kalau di Taman...:)))


Tuh kan, Taman ini juga di buat inpirasi memainkan alat musik.




Gambar bergerak....:))

28 comments:

  1. Wah... baru tahu sayah. TFS infonya, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...kalau deket kesana aja...kalau hari Minggu agak siangan pasti dapat tempat parkir....

      Delete
  2. Maaaaak...kenpaa gambarnya begereraaak? piye carane? videokaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pake hape ngambil gambarnya mak astin... :)) otomatis kayak begitu deh

      Delete
  3. Taman seperti bagus dan harus dijaga kebersihan,kenyamanan dan keamanannya. Para pengunjung juga harus ikut menjaga kebersihan,jangan malas membuang sampah di kotak sampah yang sudah disediakan.

    Eh bagaimana tuh cara membuat gamjbar bergerak-gerak, pakai kode html ya jeng.

    Terima kasih reportsenya yang lengkap dengan dukungan gambar yang ciamik.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih yah pakde..salam balik dari Jakarta :)

      Delete
  4. ayo hidupkan taman Jakarta! keren gitu ya taman suropati. saya belom pernah ke taman suropati, hahaha *warga jakarta yg tidak baik* -_-
    pengen ke sana aah kalo pulang nanti. makasih infonya Mak! btw, itu gambar bergeraknya kereeeen. itu kumpulan foto yang disatu-in gitu ya jd kayak video?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mampir kesana mak...ini foto pake HP android..kalau di klik lima kali dalam waktu yang gak beda jauh hasilnya secara otomatis kayak begitu deh mak ...hihi

      Delete
  5. maak,,bgaimanakah ceritanya fotomu itu bisa bergeraaaaak?? *garuk2 kepala*

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuhhahah.... ayoo deh.. aku baru loh bunda aisykha yg udah pinter deh...hihi *mlipir

      Delete
  6. percaya nggak mbak, aku beberapa kali lho lewat sana. lewat aja sih, karena tujuanku kantor BAPPENAS yang ada di pinggir taman itu :D

    eh itu gimana kok gambarnya bisa gerak, lucu banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehhe mak latre kalau leat sana kita kopdaran yuk, janjiannya di taman suropati...pasti seru mak,...aku tak bawa rujak dari rumah..

      Delete
  7. Kerennnnn bangett deh bener didukung fotonya kerennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh..ini mak2 sukanya ngegombal dehh.... maha Hana yg kerenan deh... *kaboorr

      Delete
  8. wah ramai ya sekarang, jadi ingat jaman dulu taman ini tidak ramah lebih banyak isinya pagar barikade dan mobil2 tentara gede2 hihihi... tyt lamaaaa banget meninggalkan jakarta sampai tak bisa mengenali lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hikkss...sekarang sepertinya taman banyak diperhatikan deh mak kalau ndu Jakarta :)

      Delete
  9. rapi dan rindang ya. aku belum pernah ke sana. padahal warga Jakarta (dulu) sekarang minggir ke pinggiran. tapi masih terjangkau sih kalau nih. lol.

    ReplyDelete
  10. ternyata ada yah taman yg bagus di jakarta..baru tau :D
    di surabaya juga banyak taman2 yg bagus...

    salam kenal mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga yah mak...sennag bertemu dengan emak Surabaya :)

      Delete
  11. Foto bergeraknya kereen!
    Salam kenal, mbak ^_^

    ReplyDelete
  12. wow taman ini sekar.ang ker.en abis
    inget pas SMA anak2 seneng nongkr.ong di sini
    dulu kita bilang taman Lembang
    masih kotor gak terawat tapi tetep rame abang jajanan
    yang terkenal nasi goreng gila.. hhheheheh

    ReplyDelete
  13. Taman Suropati jadi tampak lebih indah dengan cerita ini.

    ReplyDelete
  14. kl lg di daerah situ, sy sering cuma lewat aja. Pengen sih sesekali mampir, tp kayaknya tongseng masjid sunda kelapa lebih manggil hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tongseng Masjid Sunda Kelapa? kapan2 kesana Ahhh

      Delete

Followers