Wednesday 13 November 2013

Kos-Kosan : Proyek Monumental 2014

Tahun 2014 adalah harapanku dimasa yang akan datang. Apa itu? Proyek bikin buku? Hihihi...kayaknya saya belum mampu untuk hal ini, lawong saya masih newbe. Tapi sepertinya cita-cita ini  boleh juga sih.. Makanya dari sekarang saya berusaha menekuninya dengan rajin-rajin ngeblog dan banyak ikutan latihan nulis dan belajar nulis di manapun dan kepada siapapun.

Proyek munumentalku di tahun 2014 yang sekiranya saya mampu adalah membuat sebuah kos-kosan di sebelah rumahku. 

Image dari Sini

Ceritanya begini, tiga tahun yang lalu saya dan suami di 'paksa' untuk membeli sebidang tanah di sebelah rumah kami. Terus terang saat itu kami gak ada uang sepeserpun karena saat itu keluarga saya baru saja membangun rumah. Duit dari mana? Dari Hongkong?.. hihi...Tapi ada sebuah tekad dan  berkat dukungan keluarga khususnya kedua orang tua saya yang sekarang dekat dengan kami karena jarak rumah kami cuma berbeda RT ini membuat terwujudnya memiliki sebidang tanah yang berada di sebelah kami yang kebetulan juga 'buru-buru' di jual, karena pemiliknya ingin membayar tanah  sawah di kampung. Akhirnya kamipun 'Terpaksa'  membelinya dengan cara utang Bank. Saat itu utang Bank yang di kabulkan sekitar 50 juta sedangkan harga tanahnya 75 juta, ternyata masih kurang 25 jutaaan. Dan siapa lagi kalau bukan orang tua saya yang bantu dengan cara membayarkan duluan dengan catatan "dikembalikan"  dengan cara mengangsur. Begitulah ceritanya.

Utang Bank yang berakhir di bulan Mei tahun 2013 ini membuat cita-cita proyek monumental itu semakin menggebu dan rencana  itu Insyaalah bisa kami wujudkan. Lah, bagaimana bisa mewujudkannya? Darimana uangnya? Terus terang, selama tiga tahun perjalanan kami utang di Bank ini, yang setiap bulannya penghasilan suami  dipotong sekitar dua jutaaan lebih, saya bisa menabung dan menyisihkan uang di luar uang belanja dan biaya sekolah kedua putri saya. Uang itu saya wujudkan dalam bentuk lain seperti barang-barang berharga seperti perhiasan. Terus terang waktu itu investasi emas sepertinya menjanjikan, tapi belakangan ini emas sepertinya tak bisa diharapkan karena  sedikit kenaikan saja dan tidak cukup tinggi untuk mengambil keuntungannya. Hampir putus asa saya dengan investasi emas ini. Tapi saya tak akan menyerah begitu saja ding, rencananya emas ini akan saya wujudkan untuk bangun tanah di sebelah  rumah saya karena prospek kos-kosan atau kontrakan di daerah saya ini cukup menjanjikan karena banyaknya peminat.

Tanah yang berada di sebelah kami ini sekitar 75 meterpersegi dengan lebar 5 meter dan panjang 15 meter. Rencananya akan kami bangun sekitar 60 meter persegi saja, karena lahan yang berada di belakang letaknya, sekitar 15 meterpersegi ini rencananya akan saya  jadikan dapur. Lah, kenapa harus dapur yang dibesarin? Apa maksutnya? Maksut saya, rumah saya yang sekarang inikan ada dapur tapi ukurannya sangat kecil sekitar satu kali satu meter  saja, dan ini rencananya akan saya tiadakan dengan menjebolnya kesamping tembus dengan tanah yang akan saya bangun kos-kosan dan kemungkinan akan besar ukuran  dapurnya. Buat apaan? Buat apalagi kalau buat usaha makanan meneruskan bisnis keluarga yang sekarang sedang dilakonin oleh kedua orang tua saya. Minimal nantinya saya  bisa menerima pesanan sendiri dengan fasilitas dapur yang agak luasan, walaupun menurut saya kurang luas juga... huaa ha.. manusia belum puas sepertinya sampai disini... Bercita-cita boleh  yahh, maunya sih punya  tempat yang luas lagi yang  benar-benar buat usaha, tapi sepertinya saya belum bisa atau belum mampu karena kondisi saya yang masih bekerja sendiri nyambi ngurus anak. Besok kalau udah total menekuni...insyaAllah bisa terwujud. Aminnn.


Bangunan berukuran 60 meterpersegi
Mengacu pada proyek pertama dulu  yang menurut saya bisa saya wujudkan ditahun 2014 yaitu mewujudkan sebuah bangunan berukuran 60 meter ini dengan cara ditingkat dan dibikin sebuah petakan. Rumah petak dengan 8 pintu (atas empat pintu dan bawah empat pintu) dan masing-masing berukuran 3.5x2.5 meter (ket: lebar 3.5 meter dan panjangnya/larinya kebelakang 2.5 meter) dan  MCK-nya bersama-sama dengan dua tempat yaitu atas bawah yang berukuran 3.5x2 (Ket : lebar 3.5 meter dan panjangnya/larinya 2 meter) . Memang agak mepet dan kecil sihh. Namanya juga kos-kosan.  Kos-kosan ini diharapkan juga untuk orang-orang yang masih bujang, kalau sudah berkeluarga sepertinya tidak bisa karena ukurannya yang kecil dan cukup untuk tidur saja. Biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkannya kira-kira sekitar 150 jutaan, tapi sepertinya bisa lebih loh yah..... dan diharapkan kos-kosan delapan pintu ini akan mengkasilkan uang sekitar 3.2 jutaan setiap bulannya, karena rencananya tiap pintu akan di patok harga sekitar 400 ribu rupiah.

Kenapa harus tahun 2014? Proyek ini memang perlu waktu karena satu hal yang menjadi alasan saya, pertama karena biaya yang di perkirakan segitu besarnya dan bagaimana saya begitu yakin bisa mewujudkannya, karena sekarang saya sudah memiliki budget setengahnya dan tak ada beban utang di Bank, dan alasan kedua karena bulan terakhir tahun ini adalah musim hujan, jadi rencananya proyek ini bisa saya wujudkan sekitar bulan Februari  atau bisa maju di tahun 2014 mendatang. Dan diharapkan pula, sambil berjalan sampai tahun depan dan bulan yang sudah kami tentukan, saya akan berusaha menabung dari sekarang dan hidup sehemat mungkin untuk benar-benar bisa terwujud. Aminn... ^^

Dan setelah Kos-kosan ini jadi kemudian kedepannya harapan kami nanti hasilnya akan saya jadikan modal  usaha saya di bidang makanan. Melebarkan sayap usaha keluarga besar saya di bidang catering. Saat bersamaan pula kedua putri saya juga sedang mulai besar dan bisa saya sambi untuk usaha. 

Kami hanya bisa berencana dan Allah yang maha menentukan dan doa teman-teman yang sangat kami harapkan semoga semuanya berjalan dengan lancar  tanpa ada hambatan, walaupun ada hambatan semoga kami bisa menyelesaikannya dengan baik. Aminnn Ya Robbal'alamin.






 






22 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan : Proyek Monumental Tahun 2014
    Akan saya catat sebagai peserta
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih Pakde.... Salam Kembali dari Jakarta ^_^

      Delete
  2. Wah, bakalan jadi ibu kos dong ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.... ya begitulahh... makasih yh telah mampirr :)

      Delete
  3. Sukses ya mak.. semoga rencananya mendapat kemudahan dan kesuksesan. Bagus2 tuh prospeknya bisnis kos2an n bisnis katering. Jangan lupa traktir *eh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn... makasih mak Ade Anita .... Iya dehhh ayoo kapan kopdaran entar ditraktir... traktir Bakso yahhh hehe :)))

      Delete
  4. bagus Mbak..
    aku sebenarnya juga mau bisnis kos-kosa, cz di rumah dekat pabrik, sekolah, ruko, haduuh pakoknya daerahnya padat penduduk dan padat karyawan..
    bisnis kos-kosan itu InsyaALLAH menjajikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sari... sukses jg buat dirimu yah :)))

      Delete
  5. mau dooong ngekooos mba :D....moga2 tercapai dan terealisasi ya ...saya belum sempet buaat niiih proyeknya Pak Dhe :D...good luck with the contest :D...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh2,,,aminnn,,ayolahh bikinn proyeknya :))

      Delete
  6. aaamiin ^^

    asyik nih bikin kosan, bisa nolong banyak orang ^^

    ReplyDelete
  7. Wow..
    rumah kost ya mbak..
    investasi asyik tuh, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas liat situasi, kondisi dan kemampuan ceritanya. Makasih yah...telah mampir :)

      Delete
  8. Waaaaaa.. aku jg pingin punya kos-kosan, atau rumah petak kontrakan... tapi jangka panjang kayaknya, dana blm ada hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihih.... iya mak NOE...... makasih yah telah mampir :)

      Delete
  9. waduuuh... keren banget, moga2 bisa ikutan punya kos2an.. bisnis yg menjanjikan :)

    ReplyDelete
  10. kos kosan,,proyek jangka pnjangku jg mak hi hi,,insyaAllah,,setelah smua beres,,sukses ngontesnya ya mak,, :)

    ReplyDelete
  11. Sukses untuk kemenangannya! Semoga proyeknya segera terlaksana!

    ReplyDelete

Followers