Monday 16 September 2013

Judulnya Tempe Tahu



Bicara makanan favorit, aku lebih suka makan Tempe dan Tahu.......
Tempe bukan sekedar makanan aku semenjak kecil dulu, nyampe sekarangpun sepertinya tempe sudah tak bisa terkalahkan lagi dengan yang namanya makanan beken seperti yang banyak orang gandrungi saat ini, seperti  junkfood atau makanan siap saji. Kenapa aku paling suka tempe? disamping kandungan protein nabati yang berasal dari kacang kedelai, tempe sepertinya makanan yang spesial dan mudah untuk di sajikan. Mau di goreng, di bacem, di oseng-oseng maupun dibuat sayur berkuah serta dicampur dengan makanan lain bisa saja. Tempe mudah di buat. Ayoo siapa yang  suka tempe...? Tempe juga mengandung banyak manfaat dibanding makanan lainnya.

Tempe adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai "ragi tempe". Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

Harga memang sekarang lagi mahal. Tetapi tidak mengurangi menu favorit sehari- hari aku masih bisa beli. Alhamdulillah. Tapi gak setiap hari sih menu-ku selalu Tempe...biar variatif aku selingin dengan yang lain. Tapi sepertinya hari-hariku selalu ada tempe deh... mau  sehari sekali, mau seminggu tiga kali, sepertinya tempe dan tahu gak pernah ketinggalan.

Menuku hari ini Oseng-oseng Tempe + Tahu..Yang pasti rasanya gak ngebosenin. Tinggal potong-potong sesuai selera kemudian digoreng. Setelah semua bahan di goreng tuang minyak sedikit masukkan bawang merah dan bawang putih kemudian Tempe Tahu beserta potongan cabe. Jangan lupa kasih garam dan gula merah plus kecap.....dan hasilnya seperti diatas....... Disajikan dengan nasi hangat yang pasti rasanya mak nyusss. Mungkin sampai lupa nawarin teman yang sedang lewat didepan rumah. hihi.....:)))

8 comments:

  1. Slurrppp... ngiler aku mak :S

    ReplyDelete
  2. Aiiiich, suamiku suka yang begini *nyemek kata orang Jogja

    ReplyDelete
  3. iya mak astin..... ini oseng2 sedikit ada airnya alis nyemek gitu deh.... wah ini dia kesukaan suamiku juga mbak ada airnya dikit alis nyemek :)

    ReplyDelete
  4. tahu tempe lagi jadi barang langka buat saya, liatnya aja udah bikin laper ^^

    ReplyDelete
  5. Tahu tempe mah menu harian ya Mak..di apain aja enak..kadang klu kepepet..di sambel bawang aja udah enak..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhh ada mak diah didi mampir...aku isin loh mak...gambar makanannya gak sebagus mak diah didi palagi kehalian masaknya.... Mkasih yah mak mau mampir :)

      Delete

Followers