Tuesday, 6 August 2013

Kakak Dan Dede

Dokumen Pribadi

Mereka adalah dua buah hatiku yang sangat menggemaskan. Mereka sama-sama perempuan, tapi sifat mereka sangat berbeda. Melihat keadaan dede saat ini membuat aku sebagai mamanya banyak meluangkan waktu untuk mereka khususnya dede.

Kakak mempunyai sifat cuek dan  manja sedangkan sifat dede  peduli dan mandiri. Apa mungkin perbedaan kelahiran hingga kakak berlaku demikian manja. Apa mungkin kakak sebagai anak pertama paling sering diturutin kemauannya. Sampai sekarang aku sebagai mamanya berusaha berlaku adil pada mereka. 

Dede dengan sifat peduli dan mandirinya membuat mamanya tidak kerepotan. Saat dede sehat, dia bisa memakai baju sendiri dan menyiapkan peralatan sekolah sendiri. Sedangkan dia masih duduk di bangku TK. Kakak yang sudah duduk dibangku SD kelas 3 masih saja belum bisa memakai baju sendiri. Bisa, tapi masih perlu bantuan dan peralatan tulispun harus mamanya yang kudu nyiapain. Kalau ada PR  lisan ia selalu lupa. aku harus banyak interaksi ke Ibu teman kakak menanyakan hal-hal tentang kegiatan belajar di Sekolah. Perhatianku kadang masih tertuju pada si kakak yang masih dengan ketledorannya dalam belajar. Aku sebagai mamanya harus super teliti memperhatikannya, tapi tidak dengan dede, anakku yang kedua ini kalau belajar selalu menyodorkan pekerjaan rumahnya di sekolah sama mamanya. Karena baru belajar baca, diapun selalu menyodorkan buku bacanya kepadaku. Semangat Dede ini membuat aku takjub. Dede dengan semangatnya yang tinggi sedangkan kakak kudu di "pecut" istilahnya kudu diawasi dan selalu diingatkan.

Saat keadaan sakit begini sifat dede dengan kemandiriannyan selalu bilang,

 " Dede bisa sendiri,  Ma."

Mendengar perkataannya,  aku sebagai mamanya sedikit terharu dan menekannya untuk tidak mengulangi lagi melakukannya sendiri. Seperti ke kamar mandi sekedar buang air kecil dan memakai celana sendiri dengan menggunakan tangan satu. Disisi lain ada kakak disampingnya yang hanya cuek melihat adeknya demikian. Jika mamanya memarahin kakak karena tidak bisa membatu dede ke kamar mandi, dede selalu membelanya dan mengingatkan pada mamanya untuk tidak memarahin kakak. 

Kakak dengan sifatnya pendiam sedangkan dede sifat sosialnya tinggi.  Setiap orang yang lewat selalu dia sapa. Sedangkan kakak hanya diam dan sedikit malu.

Masalah makanpun mereka juga berbeda. Kakak yang makannya sedikit sedangkankan dede yang sukanya nyemil. Makanya dede agak besar badannya dibanding kakaknya.

Sering aku mendengar celotehannya dan menanyakan sebuah cita-cita jika mereka besar nanti. Kakak yang bercita-cita ingin menjadi POLWAN sedangkan dede ingin menjadi BOS. Dengan cita-citanya yang sangat tinggi itu aku sebagai mamanya mengaminkan, semoga apa yang mereka cita-citakan terkabul. Amiinnn.

Keduanya memang berbeda. Menjadikan perbedaan memberi warna dalam hidupku. Mereka tetap yang aku sayangin dan aku banggakan. Mereka mempunyai kekurangan dan kelebihan sendiri. Semoga aku bisa memahaminya dan mengarahkannya sesuai kemampuannya mereka masing-masing. Ini menjadi tantanganku sebagai mamanya untuk tetap berlaku adil dalam hal memberikan kasih sayang kepada meraka. Adil dalam mengarahkan bakatnya masing-masing sengan melihat semua kelebihan dan kekurangan.

Sebagai Orang Tua, aku dan suamiku sangat berharap kelak mereka menjadi anak yang solehah dan berbakti kepada orang tuanya.Satu lagi semoga dedek lakas sembuh. Bisa bermain seperti dahulu dengan ceria. Dan selalu yang aku banggakan  karena sifat kemandirinanya.

Sekali lagi lekas sembuh Dede.

8 comments:

  1. Berbeda itu Indah Mba.... biarkan mereka tumbuh dgn sifat dan bakatnya sendiri... :)


    Cepat sembuuh ya Dede.... smg sll sehat... aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnnn..Makasih Om.lebaran jadi pulkam gak ?

      Delete
  2. Anak2 punya sifat yg berbeda ya mak, sama dg anakku, yg sulung perempuan sukanya belajar, dan selalu tajam ingatannya, jadi kalo ada barang hilang tanya ke dia dah pasti bisa nemuin hihihi. Yg kedua sukanya bersih2, lebih mudah nyuruh nyapu ngepel rapi2 rumah daripada belajar, itu dari sejak pertama belajar nyapu ngepel umur 5 tahun hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iya samaa..... hehehe Maksih yah atas kunjungannya :)))

      Delete
  3. kl anak bs mandiri saat dia sakit rasanya terharu bgt, ya, Mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak.......makasih telah mampir

      Delete
  4. Bisa jadi itu karena kemauannya selalu dituruti. Akhirnya manja deh kak

    ReplyDelete
  5. Gema Takbir Menyapa Semesta,
    Membesarkan dan Mengagungkan Yang Maha Esa nan Maha Suci,
    Bersihkan Hati Kembali Fitri di Hari Kemenangan,
    Terkadang Mata Salah Melihat dan Mulut Salah Berucap,
    Hati kadang salah menduga serta Sikap Khilaf dalam Berprilaku,
    Bila Ada Salah Kata, Khilaf Perbuatan dan Sikap,
    Bila Ada Salah Baca dan Salah Komentar,
    Mohon Dimaafkan Lahir dan Batin,
    Selamat Merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1434 H

    ReplyDelete

Followers