Saturday 22 June 2013

Sukses Memberikan ASI Sekaligus Bekerja

Bersama para Blogger. (Doc.Pribadi)
Dalam kesempatan ini, saya dan diantara rekan blogger di undang oleh Dari perempuan dalam acara talkshow yang di selenggarakan pada hari Sabtu tanggal 15 Juni 2013, bertempat di Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah Kembangan Jakarta Barat. Acara terselenggara berkat kerjasama dengan NUK dan Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah ini berlangsung sangat ramai dan antusias, khususnya para ibu-ibu yang sedang hamil saat itu.

Acara yang bertajuk “Breastfeeding While Working” memberikan pengetahuan bagaimana sorang wanita bekerja bisa memberikan ASI secara ekslusif kepada bayi tanpa adanya kendala dari pihak manapun. Pentingnya pemberian ASI disini memberikan pula dorongan bagi si Ibu bisa berkarir sekaligus bisa memberikan ASI secara maksimal. Suami sebagai orang terdekat merupakan pendukung dan penyemangat supaya ASI yang dikeluarkan berkuantitas sekaligus berkualitas.


Bagaimana caranya? Pertanyaaan itu  sudah ada dalam benakku memasuki ruangan talkshow. Keingintahuan saya terjawab setelah Dr. Jeanne Tikoalu, SpA, IBCLC menjelaskan dengan gambaran sangat jelas dan mudah mengerti. Acara yang di moderasi oleh seorang artis cantik Anjel Karamoy menambah warna tersendiri sehingga acara tidak  ngantuk karena adanya gurauan tapi serius.

Dok.Pribadi



gambar dari sini




Sebelumnya Dr. Jeanne menjelaskan ASI itu adalah "Hak Anak yaitu Bagian dari hak azasi manusia yang wajib di jamin, di lindungi, dan dipenuhi oleh orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan negara"(UU Perlindungan Anak Bab I Pasal1),

Di jelaskan pula bagaimana cara kita memberikan ASI supaya sukses. Yang perlu di perhatikan sebelum kelahiran, dan perlu dibicarakan kepada pasangan kita adalah konsultasikan semuanya kepada Dokter anak atau bidan setelah melahirkan. Pemilihan Rumah sakit yang tepat yang mendukung ASI eksklusif, IMD, Rawat gabung, dan  dapat membantu bila ada masalah menyusui adalah hal yang terpenting demi suksesnya pemberian ASI.

Rawat gabung merupakan pilihan Ibu dalam rangka memungkinkan proses bonding, mempercepat mantapnya dan terus terlaksananya proses menyusui, menurunkan infeksi, tidak ada tambahan tenaga sekaligus meminimalkan peralatan. 

Menyusui segera setelah bayi dilahirkan memberikan pelajaran si bayi untuk segera menyusui tanpa kesulitan. Selain itu membantu proses berjalannya Prolaktin dan Oksitosin dalam darah. Prolaktin yang dihasilkan lebih banyak waktu di malam hari karena kandungan lemaknya sangat tinggi.

Tanda adanya refleks oksitosin adalah sebagai berikut:
  • Nyeri akibat kontraksi rahim.
  •  Rasa haus yang mendadak.
  •  Asi tiba-tiba keluar atau muncrat walau bayi tidak menghisap payudara Ibu.
  •  Rasa payudara seperti diperas.
Bagaimana posisi menyusui yang baik. Posisi yang baik menjamin terjadinya pelekat yang baik pada panyudara yaitu sebagai berikut:
  • Dalam satu garis lurus: telinga, bahu, paha.
  • Dekat dengan Ibu.
  • Disangga seluruh badan.
  • Muka menghadap payudara, hidung ke puting.  

Gambar dari google.co.id


Pada kesempatan ini,  aku jadi ingat waktu masa menyusui yaitu punya pengalaman menyusui puting saya lecet. Ternyata saya menyusui bayi dalam posisi yang salah. Bagaimana posisi menyusui yang baik?  Bayi yang menyusu dengan baik akan terlihat bayi sudah kenyang dan akan nyenyak dalam tidur setelah menyusu. Dalam hal ini mulut bayi dan puting Ibu adanya pelekatan yang baik. Hal ini bisa kita lihat mulut bayi terbuka lebar, dagu menyentuh payudara, bibir bawah bayi terlipat keluar, dan sebagian areola bagian atas lebih terlihat dibanding areola bawah. Pelekatan yang baik membuat Ibu nyaman, tidak menimbulkan rasa nyeri dan bayi menyusu secara efektif.

Selain itu memberikan pelajaran pada bayi untuk dapat menyusu dengan cara lain selain payudara dan dari orang lain selain Ibu yaitu Ayah, Kakek, Nenek atau Pengasuh. Caranya dengan memerah Asi di dalam gelas dan di berikan kepada bayi supaya mau akan susu yang telah kita perah. Ini menjadikan kita sebagai Ibu yang akan mempersiapkan kerja setelah masa cuti berakhir. Jadi memerah ASI adalah solusi pemberian ASI secara eksklusif hingga bayi berumur enam bulan.

Pedoman penyimpanan ASI perah
Pedoman dari HMBANA 2006
(Human Milk banking Assosiation Of Nort America)
  • Suhu 25 derajat celcius = 4 jam
  • Suhu 15 derajat celcius atau cooler isi es batu = 24 jam
  • Suhu 4 derajat celcius = 8 hari
  • Di freezer lemari es = 3-4 bulan
  • Frezer compartmen -5 derajat celcius = 3 bulan
  • Suhu -20 derajat celcius / deep freezer = 6 bulan

Jadi, sukses menyusui sekaligus bisa bekerja,  di sarankan untuk memberikan ASI sedini mungkin, Asi eksklusif sampai 6 bulan, memberikan makanan pendamping setelah 6 bulan dan dilanjutkan menyusui sampai 2 tahun atau lebih. Dalam merealisasaikan suksesnya menyusui perlu adanya dukungan dari tempat bekerja yaitu:
  1. Ruangan: Nyaman, berlistrik, AC, terang, ada meja, kulkas, telpon, pompa perah, dll
  2. Waktu: istirahat 3 x 20 menit memompa ASI
  3. Dukungan: manager dan supervisor, ada konsultan laktasi atau sesi tentang ASI.
  4. Edukasi: program laktasi, artikel, selebaran, pamflet, video laktasi.
  5. E-mail tentang laktasi: diurus oleh seseorang yang di tunjuk sebagai penghubung antar ibu menyusui dan perusahaan, bisa Konsultan Laktasi.
Setelah Dokter Jeanne memberikan secara jelas dan sejelas-jelasnya, acara juga di barengi dengan adanya lomba twitter dan berbagai macam game. Selain itu ada acara tanya jawab oleh para peserta. Antusias para peserta sangat terlihat jelas dengan banyaknya peserta yang tunjuk jari menanyakan tentang menyusui yang baik dan hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan bayi. Game yang diadakan adanya testimoni yang di berikan pada lima peserta kemudian dipilihlah tiga testimoni terbaik dalam acara talkshow tersebuat. Ketiga testimoni terbaik  adalah sebagai beriku:
  1. Seorang Bapak sekaligus suami akan mendukung istrinya secara penuh proses menyusui bayi hingga berumur 6 bulan. Keukehnya si Ayah dalam hal ini membuat testimoninya menjadi yang terbaik diantara lima peserta.
  2. Testimoni terbaik kedua di berikan rekan saya mak Cucuth yang akan memberikan ASInya secara eksklusif selama enam bulan sampai berumur dua tahun, setelah pengalaman anak pertamanya  yang hanya di berikan Asi hanya enam bulan  karena adanya kehamilan anaknya yang kedua.
  3. Testimoni terbaik ketiga di berikan pada mak Elsa Korag yang akan menyebar luaskan informasi pentingnya menyusui bayi selama 6 bulan dan dilanjut hingga dua tahun kepada  masyarakat luas di seluruh pelosok Tanah Air. Aku dukung yah mak. :)
gambar dari sini

Setelah itu, pengumuman live twitter yang dimenangkan oleh mak Cucuth dan mak Haya Alya Zaki. masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar seratus limapuluh ribu rupiah.

Dok.Pribadi

Selesai acara kami makan siang bersama dan seperti biasa pemberian goodybag yang bermanfaat bagi saya dan rekan lainnya yang telah hadir dalam acara tersebut. Termakasih  ku ucapkan kepada mak Ani Bertha dan dari perempuan yang telah mengundang kami. Terimakasih juga buat Dr Jeanne atas ilmunya dan penjelasannya. Salamku dari Emak2Blogger.

4 comments:

  1. ASI adalah bekal dari Yang Maha Kuasa buat sang buah hati, jadi wajib diberikan dalam segala suasana :)
    Terima kasih mak Giarti sudah hadir disana...dan ini reportasenya sangat keren :D

    ReplyDelete
  2. mantep reportasenya :)
    iya mak bener makanya aku khisyuk dengerin seminar :") berguna banget seperti ini
    semangat

    ReplyDelete
  3. ASI memang sangat penting untuk anak. Dukungan dari orang sekitar jg sangat diperlukan ketika ibu memberikan ASI eksklusif..salam dari kidipal..

    ReplyDelete

Followers