Saturday 11 May 2013

Kemeriahan Penganugrahan Acer Srikandi Blogger 2013


Foto dari KEB

Minggu, tanggal 28 April 2013 adalah hari yang aku tunggu untuk menghadiri sebuah acara akbar penganugrahan Acer Srikandi Blogger 2013. Rencana ini sering aku tanyakan kepada mak Sumarti Saelan, mungkin beliau terlalu pusing dengan  sikap stalking saya yang tak henti-hentinya bertanya kepada emak satu ini, bertanya kapan mak, dimana mak, acaranya apa aja mak, maaf ya mak :). Pada akhirnya  beliau menunjuk kedua putriku untuk mengisi acara di fashion anak. Aku senang dengan tawaran itu dan beliau selalu mengingatkan,  untuk komitmen hadir acara gladi resik dan hari H-nya.


Mengingat kedua putriku ini tak pernah tampil diacara panggung, aku langsung menjawab dengan rasa percaya diri,   mengiyakannya semua untuk kedua putriku ikut serta memeriahkan acara. Selain itu kehadiranku ikut serta dalam acara ini adalah  untuk menemui rekan emak-emak yang pernah bertemu sebelumnya di dunia maya melalui media facebook, yang tergabung dalam sebuah grup facebook- KEB.  Selain  itu aku bisa bertemu dengan para finalis dan pemenang Acer Srikandi Blogger sekalian kopdaran bareng  rekan blogger lainnya dari berbagai komunutas.

Tepat pukul 05.00 pagi aku  mempersiapkan diri datang ke acara tersebut, sebelumnya aku datangi  rumah temanku yang biasa merias wajah untuk memakeover wajahku. Dengan memakai kebaya berwarna merah marun,  yang dipadukan kain serta memakai sendal highheel,  membuat aku sedikit beda dari biasanya. Penampilanku tidak sama waktu  aku sedang kopdaran biasa bareng rekan blogger lainnya. Aku pikir ini adalah suatu momen berharga yang aku tunggu selama ini,  ikut memeriahkan acara dengan penampilan sebaik mungkin dan sesuai tema yaitu memakai kebaya. Semua aku lakukan demi kemeriahan acara penganugrahan Srikandi Blogger 2013.

Perjalananku ke arah Gedung F lantai 6 Kemendikbud membuat perjalanan sedikit terganggu karena lokasi di daerah "car free day" . Beruntung suami  tau lokasi dan situasi disana karena suami bekerja di sekitar  Senayan. Jadi,  tau betul jalan yang harus dilalui untuk kesana. Cuma aku mikir dengan rekan blogger lain dari luar daerah, bagaimana yang belum pernah atau tidak tau tentang jalan menuju  kesana. Mungkin sedikit memberi saran saja, acara penganugrahan Srikandi Blogger berikutnya bisa di pertimbangkan wilayahnya  yang mudah dijangkau dan tidak dalam jalur "car free day" atau macet , sehingga dari luar daerahpun bisa dengan mudah menjangkaunya.

Acara penganugrahan Acer Srikandi Blogger 2013 ini di dukung atau di sponsori oleh acer dan rinso beserta sponsor lainnya seperti Azza Hijab Store, Wardah cosmetic. Selain itu mendapat dukungan dari komunitas Blogger Reporter ID dan Komunitas Koplak Yo band, apalagi acara dilakukan streaming oleh Komunitas Koplak Yo band.

Acara yang mengusung tema "Aktualisasi Perempuan Di Era Digital" memberikan kesempatan bagi kaum perempuan jaman sekarang untuk lebih pandai dalam menyuarakan suaranya lewat dunia digital. Acara yang di persembahkan oleh KEB bertujuan juga untuk memberikan penghargaan para perempuan blogger yang aktif, eksis, dan berprestasi, tidak hanya di dunia maya, tapi juga di dunia nyata. Ajang ini seolah menjadi sebuah pembuktian bahwa di era digital ini, perempuan mempunyai kesempatan yang sangat besar untuk mengembangkan kemampuannya, tanpa harus meninggalkan tugas utamanya di dalam keluarga dan masyarakat.

Aku tiba lokasi  pukul 07.30 pagi, suasana masih sepi dan kesibukan terjadi di belakang gedung. Para panitia dan model fashion sedang di makeover oleh Wardah cosmetic. Sambil menunggu acara dimulai,  aku sempatkan membantu meja registrasi bagian depan untuk memberikan ID Card pada para peserta acara. Setelah sebagian mereka datang, aku membantu memberikan snack ke  peserta. Ada cerita lain di balik pemberian snack ini, karena aku selalu nunggang-nunging dan jalan sana sini, tak terasa kain belakang aku sobek. Yap..aku langsung pergi ke belakang gedung untuk merapikan semuanya, Tapi semuanya bisa terkendali, kembali aku  membantu  memberikan kue setelah selesai aku duduk bareng peserta lain dan menyaksikan acara yang akan segera dimulai.

Acara di buka dengan tarian yang menandakan waktu di mulainya acara.



Tarian Pembuka

Kemudian Doa,  yang dibacakan oleh mak Tri Sapta. Pengunjung duduk dengan khidmat dalam mendengarkan   doa-doa yang dipimpinnya. Dilanjutkan acara Monolog yang di pentaskan oleh mak WylveraWindayana yang mempresentasikan kisah blognya yang bernama "Rumah Mayaku Dunia Virtualku". Kisah ini bercerita tentang fiksi, berkisah tentang seorang perempuan  yang terkena kanker colon stadium tiga. Perempuan ini berkisah dengan menuliskan semua kejadian pada sebuah blog, memberikan survive tersendiri baginya yang tak lepas dari kodratnya sebagai perempuan yang selalu  menuangkan perasaan serta kejadian melalui tulisan di dalam buku catatan atau diary. Perempuan  dalam kisah fiksinya ini juga menceritakan pengalaman bergabung dengan KEB, sehingga bertambah teman dan ikut menyemangatinya dalam menjalanin kehidupannya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga. Kebiasaan perempuan yang selalu menulis di diarynya, membuat perempuan masa kini yang tergabung dalam  kumpulan ini mendapat kemudahan,  untuk menulis melalui sentuhan jari-jari di keybord laptop hingga membentuk sebuah kalimat yang mengandung banyak makna,  dibanding  menulis menggunakan  pulpen. Menuliskan semua catatan hariannya di dalam blog, membuat  aku  merinding mendengarkan semua yang di pentaskan oleh emak Wiwi, biasa beliau disapa oleh rekan emak blogger lainnya dan aku mengerti bahwa semua adalah ungkapan syukur pada Allah untuk tetap semangat selagi ada waktu dan umur serta kesehatan untuk bisa berbagi  melalui tulisan yang bisa dimanfaatkan sebagai bentuk dedikasi kita kepada masyarakat pada umumnya. Ngeblog merupakan hobi positif yang bisa di salurkan saat semua kata dan rasa mulai berkecamuk dalam dada ingin di tuangkan dengan berbagai bentuk tulisan  menjadi  sebuah karya yang bermanfaat. Selain itu ngeblog menjadi terapi atau  obat kedua paling mujarab selain obat-obatan medis.


Mak Wylvera.W.

Setelah itu  kehadiran duet MC mak Aulia Gurdi dan mas Ary Ardiansyah, menjadi suasana menjadi meriah . MC yang menghadirkan duo blogger kondang ini terasa kompak saat  mereka membacakan acara per-acara yang berlangsung di gedung itu. Padahal,  dengar-dengar mereka latihan hanya sebentar selang sehari sebelum acara di mulai yaitu acara gladi resik penganugrahan Acer Srikandi Blogger 2013. Disamping mereka   punya talenta dalam dunia blogging,  mereka juga punya bakat  yang tak kalah menakjubkan yaitu membawakan acara akbar semegah Srikandi Blogger 2013.

Duet Mak Aulia dan Mas Ary

Kemudian acara sambutan oleh Fuonder KEB mak Mira Sahid. Pertemuanku  sama makpon biasa beliau dipanggil di KEB, mempunyai cerita sendiri bagi diriku secara pribadi. Pertemuan di dunia maya kami saling mengenal kemudian kami saling bertemu setiap ada kegiatan  offline KEB. Aku suka gaya beliau dengan kesederhanaannya yang berbanding terbalik dengan karyanya dalam membangun sebuah kumpulan yang menginspirasi banyak perempuan untuk menulis dalam blog, dan tulisan beliau ini  membuat aku kagum, yang pasti bagus dan keren. Dari sini aku belajar memahami seseorang, seseorang tidak dinilai dari sebuah penampilannya tapi nilailah karyanya,  yang membawa pada sebuah kemajuan,  apalagi karya yang diusung adalah kemajuan perempuan seperti aku  dan perempuan-perempuan lain diseluruh pelosok tanah air pada umumnya. Subhanallah,  aku senang bisa mengenalnya, menjadikanku malu tertunduk, karena selama ini aku suka memandang seseorang dari segi penampilannya.

Setelah itu pemukulan gong oleh mak Mira Sahid sebagai  tanda penganugrahan Acer Srikandi Blogger 2013 telah resmi di buka.

Mak Mira Sahid


Pemotongan Tumpeng oleh mak Mira Sahid


Perkenalan para panitia yang bekerja sebelum acara dimulai hingga terwujudnya acara

Acara dilanjutkan drama yang diperankan oleh Mak Ani berta dan rekannya serta penampilan anak mak Indah Juli sebagai peran anak. Mereka menceritakan sebuah inspirasi  cerita di balik noda oleh rinso. Acara ini juga mengusung tema "berani kotor itu baik". Drama yang sangat menarik karena tema ini juga menjadi inspirasi kaum ibu untuk memberikan kebebasan anak dalam bermain tanpa mengkhawatirkan kotor. Kotor dijadikan bahan pelajaran berharga  yang tak ternilai disamping pendidikan formal yang  berikan di sekolahan.
Penampilan mak Ani berta dalam drama "berani kotor itu baik" .(Dok.Pak Dian Kelana)

Nah, ini dia acara yang aku tunggu-tunggu  selain  melihat dan mendengarkan pengumuman para pemenang Srikandi Blogger 2013 yaitu penampilan kedua putriku beserta putra putri KEB.

Aku sebenarnya sedikit khawatir akan acara ini karena anak-anakku ini  jarang tampil di panggung. Alhamdulillah dengan segala upaya dan semangat untuk si kecil khususnya yang harus aku bujuk hingga menangis, menjadikan kedua putriku ini tampil dengan percaya dirinya. Mereka yang memakai baju pink, lihatlah mereka tak ada rasa takut atau grogi sedikitpun. Aku senang melihat atas keberanian mereka diatas panggung dan bangga akan hal ini.

Penampilan Anak-Anak Emak2 Blogger (Dok.Pribadi)

Disambung penampilan para emak-emak yang berdandan ala model, mereka sungguh menakjubkan. Mereka di sulap dan di makeover oleh Wardah cosmetic dipadukan pakaian Azza Hijab Store menjadi penampilan emak-emak ini seperti model profesional pada umumnya.

wow (Dok.Pribadi)

Kemudian sambutan-sambutan,  baik dari pihak Wardah maupun pihak acer itu sendiri. Acer yang di wakili oleh mbak Astrid ini, memberikan dukungan banyak atas terlaksananya Penganugrahan Srikandi Blogger 2013.
Astrid (Dok.Pribadi)

Euporia pembacaan akhir pada sebuah ajang  penganugrahan cukup mendebarkan bagi kesepuluh finalis dari delapan yang hadir di acara ini.



Mak Mira Sahid beserta  finalis (Dok.Pribadi)




Pemilihan para finalis ini melalui berbagai macam penilaian yang sangat ketat oleh para panitia. Dari 150-an pendaftar terpilihlah 50 peserta yang terpilih hingga menjadi sepuluh finalis. Penilaiannya,  selain keaktifan mereka dalam dunia blogging, visi dan misi meraka dari blog juga di perhitungkan.


Aku dan kalian tentunya  ingin tau kesepuluh finalis ini, baiklah sekedar tau dan belejar dari mereka gak ada salahnya kita melihat semua riwayatnya. Nama dan semua alamat linknya bisa kita cari di bawah ini, sebagai bahan pelajaran berharga bagi yang baru memulai blogging, contohnya aku. Sebagian dari kita juga  sudah banyak kenal  sosok mereka di dunia maya dengan berbagai macam karyanya, kita intip yuk kesepuluh  Finalis Srikandi Blogger 2013,  sebagai berikut :

1.  Mak Alaika Abdullah.
2   Mak Anazkia.
3.  Mak Dina Degum.
4   Mak Diadjeng Laraswati.
5   Mak Eka Putri.
6.  Mak  Nchie  Hany.
7.  Mak Myra Anastasia.
8.   Mak Octaviany Nur Hasanah.
9.   Mak Shinta Ries.
10. Mak Winda Kresnadefa.

Disela-sela acara yang terus bergulir,  acara ini juga mengadakan berbagai macam game seperti lomba twit, hingga game lainnya yang tak kalah hebohnya. Apalagi kehebohan lomba busana terbaik peserta hari itu, yang dimenangkan  oleh mak Cucuth Echa, penampilan totalnya memakai caping bertuliskankan Srikandi Blogger 2013. Menjadikan emak ini menjari juara dalam hal busana terbaik. Selain game,  pembagian doorprise melalui pengundian nomor kehadiran peserta yang di acak oleh panitia dan yang membukanya  mak Mira sahid sendiri.


Akhirnya acara yang di tunggu-tunggu itu datang, raut wajah harapan  para finalis ini terlihat jelas pada wajah mereka. Membuat aku terkesima saat pengumuman pertama dibacakan adalah Acer Srikandi Achivemen 2013 oleh Bunda Yati Rachmat hah..aku kaget dan takjub, apalagi saat acara aku mengajak ibuku, kata ibuku itu sebaya dengan ibunya atau sebaya dengan simbahku. Lagi-lagi aku dibuat terpana dengan  pengumuman ini.  Selamat ya Bunda,  aku juga mengagumi semangat  menulisnya bunda.

Bunda Yati mendapatkan TV Samsung, paket rinso dan paket Wardah cosmetic.

Kedua,  Acer Srikandi Inspiratif 2013, oleh mak Haya Aliya Zaki,  beliau mendapatkan TV, paket rinso beserta paket Wardah cosmetik

Ketiga,  Acer Srikandi Persahabatan 2013, oleh mak Myra Anastasia, mendapatkan 1 unit acer Aspire E1-471.Paket rinso (2) dus dan Wardah.

Keempat,   di umumkan Acer Srikandi favorit 2013 , oleh mak Anazkia, mendapatkan 1 unit acer Aspire E1-471.Paket rinso (2) dus dan Wardah.

Dan inilah hal sangat mendebarkan bagi ke delapan finalis  yang berdiri diatas panggung, pancaran wajah para finalis ini terlihat jelas saat aku berdiri di depan panggung untuk mengabadikan momen-momen berharga melalui foto. Dan Panitia memilih  Alaika Abdullah sebagai Acer Srikandi Blogger 2013, beliau mendapatkan 1 unit acer Aspire V5-471PG (touchscreen notebook), paket rinso (2 dus) & Paket Wardah, serta mewakili KEB di Asean Blogger di Solo. Tepuk tangan membahana keseluruh penjuru gedung dan luapan kegembiraan terpancar di wajah emak hebat ini.

Ketujuh finalis yang lain mendapatkan masing-masing 1 unit TV Samsung 21 inch, paket rinso  (2 dus) & paket Wardah.


Dan yang tak kalah penting momen ini aku gunakan untuk berfoto bersama mereka yang terpilih, kata orang sih narsis. Alasanku,  ada kebahagian tersendiri  dapat berfoto bersama mereka kapan lagi bisa bertemu mereka saat momen seperti ini.

Bersama mak Alaika Abdullah (Dok.Pribadi)


Bersama Mak Haya Aliya Zaki (Dok.Pribadi)


Bersama Bunda Yati Rachmat (Dok.Pribadi)




Bersama mak Myra Anastasia (Dok.Pribadi)



Anazkia. (Dok.Pak Dian Kelana)

Demikian ulasan acara yang aku ungkap panjang lebar dan komplit. Semoga yang tidak bisa datang bisa membaca tulisan ini,  seolah berada di kemeriahan acara ini. Dan tahun berikutnya mereka bisa disempatkan datang di acara  dan akan menyesal jika tidak datang.

Mengetahui alur  cerita acara dari awal hingga akhir, tak ada kata yang aku bisa ucapkan, hanya ucapan terima kasih khususnya kepada mak Mira Sahid, mak Vema Syafei, mak Indah Juli, mak Waya, mak Lusi yang akhirnya kita ketemu juga, mak Sumarti saelan, mak Aulia Gurdi , mak Wylvera windayana, dan emak-emak lain yang ketemu disana atas semua dukungan dan waktunya demi kelancaran acara tersebut. Salam hangat dariku sebagai salam persahabatan. Kita terjalin dalam sebuah kumpulan yang kita banggakan yaitu Kumpulan Emak-emak Blogger, semoga semakin jaya dan maju ke depan nya. Aminn :)

Kehadiran dalam acara ini juga  mendapatkan goodybag dari rinso. Terima kasih juga para sponsor yang telah membantu acara ini khususnya hadiah yang di berikan oleh  acer kepada para pemenang Acer Srikandi Blogger 2013. Aku juga terimakasih yah atas bimbingan Kumpulan Emak-emak Blogger yang bersedia menerimaku di kumpulan ini dan mengajariku ngeblog dan menulis kata-kata yang baik dan benar.

8 comments:

  1. Ulasannya keren sekali, panjang dan lebaaar...huum car free day ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank You....telah berkunjung.. salam kenal :)

      Delete
  2. Hihihi.. seneng yah bisa ketemu para emak-emak KEB, sayangnya pas hari H srikandi blogger itu, aku harus ngawal rombongan tur ke kepulauan seribu. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ...seru dan meriah acaranya mak..terimakasih yah.... salam kenal :)

      Delete
  3. Hallo Mak. Jury visit. Apa kabar nih? Semoga sukses ya :)

    ReplyDelete
  4. khabar baik.salam kenal amin thank ya :)

    ReplyDelete
  5. Ya ampun, aku baru baca sekarang ni. Tapi, aku nggak nemu foto putriku yg tampil nyanyi sambil main gitar ya, Mak. Hihihi... any way, keren banget reportase dan ulasan acaranya. Jempol pol. ;)

    ReplyDelete
  6. Waduh makasih mak...telah berkunjung di blogku mak. Malu aku di tengongin mak WIWI :)

    ReplyDelete

Followers