Tuesday 2 April 2013

Cerita di Balik Noda : Foto

 
credit
Pernikahan Rina dan Agung berkat Lisa sahabatnya. Lisa sebagai mak comblang. Mereka menikah hampir dua tahun dan di karunia anak laki-laki bernama Bintang   yang  berusia 6 bulan.

"Ada apa lagi Rina?" tanya Lisa.

"Agung ke Bandung. Dia akhir-akhir ini keluar kota terus. Mengakunya sih urusan pekerjaan. Tapi lama-lama aku curiga. Dia itu terlalu sibuk, sampai akhir pekan pun tak ada dirumah. Benar kerja atau dia punya kekasih gelap, ya?" tutur Rina menggebu-gebu.


Begitu Rina hendak menyelesaikan kalimatnya, telepon berbunyi. Agung yang menelpon. "Halo mas Agung..."

"Maaf, Bu, ini kami dari Rumah Sakit Bandung, mengabarkan bahwa Bapak Agung mengalami kecelakan dan dia...."

Jantung Rima serta merta seperti mau berhenti berdetak. Suara di seberang sana terdengar sayup-sayup. "Bapak Agung Koma..."

Setelah suster beranjak pergi, Rina menatap tas biru itu. Dia tidak pernah ikut membantu membereskan tas suaminya. Dia paling-paling kebagian memcuci baju-baju kotornya hingga noda tinta atau pulpen hilang. Dia tau Agung sangat perfeksionis. Termasuk dalam berpakaian.

Dan ketika Rina menarik sesuatu dari kantong kemeja itu, dia menjerit tertahan. Ternyata selembar foto: foto dirinya dan Bintang ketika anaknya itu baru saja lahir. Agung yang memotretnya. Dibalik foto itu tertulis: "Untuk Rina dan Bintang, akan kuberikan segalanya. "Air mata Rina pun tumpah semakin deras.

**********

Foto adalah  salah satu dari empat karya  yang di tulis oleh Fira Basuki sendiri. Kisah ini menjadi cerita favorit saya diantara 42 kisah Cerita di Balik Noda. 38 kisah adalah true story dari karya pemenang lomba menulis yang diadakan oleh Rinso dan ditulis ulang oleh Fira Basuki.

Rata-rata tulisan di tulis oleh para ibu yang bercerita tentang anaknya, tapi ada juga tentang kisah persahabatan, kesetiaan  dan kepercayaan dalam rumah tangga yang sedang di uji kesabarannya, seperti cerita 'Foto' itu.

Semua cerita dalam buku tersebut menceritakan dengan bahasa yang sederhana dan mudah di cerna. Seolah-olah kita terlibat didalamnya. Saya benar-benar merekomendasikan buku ini!.

Alasan saya kenapa cerita 'Foto' menjadi favorit saya, karena ceritanya seperti kejadian yang saya alami. Mempunyai suami yang perfeksionis dan pekerja keras. Kisahnya hampir mirip dengan kehidupan saya lima tahun yang lalu. Tapi tak terlalu tragis seperti cerita Rina dan Agung yang mengalami kecelakaan hingga mengakibatkan 'koma'.

Saat itu suami sering sekali dinas ke luar kota. Semenjak menikah sampai mempunyai putri yang kedua berumur dua tahun, kami sering di tinggal untuk urusan dinasnya. Perhatian dan kasih sayang keluarga sedikit kurang, karena kami sering di tinggal. Perasaan saya sama seperti Rina dalam cerita itu. 

Pada saat suami  dinas di luar kota, ada khabar sakit terkena Typus. Dengan kondisi semakin lemah, membuat suami harus di rawat di Rumah Sakit  daerah Yogyakarta. Penyesalan saya sampai sekarang adalah  saat suami dirawat saya tidak ada disampingnya  ikut merawatnya, karena saat bersamaan putri saya yang kedua dalam kondisi kurang sehat saat itu.  Kondisi beda kota menjadi  alasan saya urung untuk kesana. Kejadian itu membuat perjalanan rumah tangga kami sedang di uji kesabarannya.

Di akhir cerita 'Foto' terdapat keharuan dan  perasaan bahagia. Membuat saya lebih menghargai  suami saat ini. Menghormati dan mempercayai suami sebagai bentuk penghargaan atas semua usahanya. Tetap  berpikiran positif, karena saya  yakin bahwa yang dilakukan suami adalah sebuah  cinta terhadap keluarganya.

Sederhana dan sarat makna cerita 'Foto' . Begitu juga dengan cerita-cerita lainnya. Pesan moralnya pun sangat banyak. Penasaran? Ayo buruan beli buku Cerita di balik Noda. Di toko-toko terdekat banyak. Saya mendapatkannya di Gramedia Mal Puri Kembangan. Tempat terdekat dengan lokasi rumah saya.

Nah untuk yang sudah baca, Kumpulan Emak Blogger (KEB) bekerjasama dengan rinso mengadakan kontes review buku "Cerita di Balik Noda". Syaratnya adalah anggota KEB, dan cara gabungnya  di grup facebook KEB. Untuk lebih jelasnya  cara ikut lomba bisa dilihat di Kontes Ngeblog Review Buku "Cerita di Balik Noda" 15 Maret 2013-10 April 2013.


Selamat Berlomba.





10 comments:

  1. cerita yg "foto" itu kadang kayak saya bgt. Suami sy yg kalem kl urusan nunjukkin perasaan, kadang suka bikin saya galau dan bertanya2. Pdhl sebenrnya dia sayang sm saya. Hihi.

    Eh, kok sy jd curcol. Semoga menang ya, Mak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kok ceritanya sama kaya aku juga niy Mak :D

      #loh curcol juga

      Delete
  2. Setuju, Mak. Bahasa ceritanya sederhana, tapi sarat makna. Kalau aku favorit cerita tentang tikus hihi. Semoga menang ya, Mak. ^_^

    ReplyDelete
  3. ulasan yang bagus, Mak. Semoga sukses ya.. :)

    ReplyDelete
  4. terharu sekali baca sepenggal kisah Rina & Agung, jd pngen pnya bukunya biar bisa membaca keseluruhan isinya.

    Salam kenal, ditunggu kunjungan balik & komentarnya disini :)

    ReplyDelete
  5. memang cerita itu akan mjd lebih menarik klo sesuai sama kehidupan/perasaan kita yah..

    smoga sukses :)

    ReplyDelete
  6. biasanya laki--laki sama perempuan beda cara mengungkapkan sayang ya. Salam kenal mak, sering liat namanya di KEB :) btw ikut kelas lanjutan online blogging ya? kalau mau minta materinya bisa gak? aku sering ketinggalan soalnya jamnya gak cocok anak-anak belum tidur :) makasih ya

    ReplyDelete
  7. Kereen Mak riviewnya..
    sukses ya :D

    ReplyDelete
  8. apa sudah pembawaannya laki2 ya kurang peka dan terkesan cuek... :)

    ReplyDelete

Followers