Monday 18 November 2013

Bagaimana Menghasilkan Uang Dari Media Sosial?





Minggu ini di pagi yang sedikit mendung kenyataannya tak hujan, sekitar jam 10-an saya hadir dengan rasa disiplin karena hadir paling awal... hihi, sayang saya tak bisa mengikuti sampai selesai. Tapi gak rugi kok saya kesana. Disana, saya telah melewati tiga tema sharing dengan  dua nara sumber plus  satu nara sumber yang bikin mata ini tak jadi ngantuk, sedikit ngantuk alasannya memang suasananya enak sih, mendung, adem plus ruangan yang ber-Ac, sepertinya enak banget buat tidur di waktu libur. Tapi libur minggu ini sengaja saya paksa untuk menerima  Ilmu secara free yang di berikan  oleh rekan saya  yang bernama Ani Bertha. Apalagi di sana berkempatan pula bisa kopdaran bareng rekan blogger,  tambah seru lagi bisa bertemu dengan  emak-emak blogger. Tau gak apa yang terjadi kalau emak2 ini sedang pada ngumpul... hebooh bangettt.. sampai-sampai rekan blogger cowok yang hadir  terbengong-bengong lihat kami dengan  keakraban  kami  disana........ hehe. Tapi setelah acara dimulai, kami tau diri kok, segera kami diam sambil mendengarkan pencerahan yang diberikan secara cuma-cuma oleh mak Ani kepada kami. Serius tapi santai sih, tapi ada sedikit jahil sama teman sebelahnya atau yang terdekat dengan sedikit keusilan yang membuat acara semakin bersemangat...hehe *hayoo ngaku. 


Lokasi acara  yang dilaksanakan di gedung detik.com tepatnya di gedung A (Gedung Aldevco Octago) Warung buncit Raya no 75 mudah sekali di akses, karena lokasi memang berada di sebalah jalan utama jalan Buncit Raya tepatnya  di depan busway buncit indah. Menuju ke lokasi, terus terang saya diantar oleh suamiku yang terganteng dan tersayang... *uhuk. Siapa lagi yang nyanjung kalau bukan istrinya. Makasih ya sayang   diijinin hadir ke acara ini dengan tidak hadir di acara paguyupan keluarga besar kampung  yang di adakan dua bulan sekali, kangen sihh dengan teman dan tetangga kampung yang berada di wilayah jabodetabek, tapi karena saya sudah berjanji sama Mak ani, makanya saya pun dengan rela tidak ikut acara disana dan lebih memilih mengikuti acara yang diadakan mak Ani...*dilema Alasannya  ingin menepati janji atas kesanggupan saya untuk bisa hadir disini, tujuannya biar ada kepercayaan  dan gak kapok untuk sering-sering mengundang saya...hihi dan   yang perlu kita perhatikan dalam acara ini juga tanpa embel-embel goodybag dan hadiahh... Padahal banyak sekali hadiahnya lohh, sayang saya gak dapet, karena dah pulang duluan sebelum acara selesai. Tapi saya gak rugi kok hadir di acaranya ini, alasannya acara ini menjawab atas semua pertanyaan, yang sering mengganggu kegiatan yang sekarang ini saya gelutin di dunia sosial media. yaitu seputar ngeblog...di tambah sosial media lain seperti facebook dan twitter... wahaahh penasarann kayaknya nih ....Yang bikin aku lega lagi bisa  menjawab berbagai macam pandangan miring sebagian orang yang tidak tau tentang sosial media  diatas. Ada yang mengatakan, kurang kerjaanlah, emang dapat duit berapa sih sampai dibela-belain ngeblog, ada pula yang mengatakan ngeblog itu kerjaannya orang2 yang gak punya kerjaaan... Ternyata hasil sharing minggu ini 'sunday Sharing' bareng mak Ani dan di tambah lagi narsum sharing bareng mas Ardi dan Karel Anderson ini memeberikan pencerahan 'galau' saya tentang kegiatan yang sering saya lakukan selain menambah wawasan saya, bagaimana peran kita dalam memberikan sebuah konten bermanfaat di dunia sosial media itu ditambah adanya sebuah manfaat berupa materi seperti menghasilkan uang bahkan dollar.
Mas Ardi


Acara yang diawali dengan penjelasan  dari seorang wartawan di detikinet detik.com yang bernama Ardi Suryadi ini memberikan pencerahan tentang bagaimana mereview sebuah produk  gadget  supaya pruduk yang kita  tulis tidak terkesan meng-iklan/ advertorial. Beneran, ini menjawab atas pertanyaan saya tentang kontes yang telah saya  ikutin di komunitas kami... Hayoo, semakin penasaran kan. Bagaimana caranya tuh? semakin kepingin tau tentang hal ini, karena hal ini masih terkait dengan tulisan yang saya buat beberapa bulan terakhir ini dalam rangka ngontes juga tentang review sebuah gadget ternama. Yang tak kalah menguntungnya lagi, beliau membagi beberapa tips untuk menulis review produk. Ini dia tips triknya :
Pertama tama kita pahamin dulu fendor yang menyelenggarakan acara review ini apakah fendor/penyelenggara menganggap tulisan bagus itu dikarenakan memang tulisan yang dibuat adalah tulisannya benar-benar bagus dan baik. Dan yang kedua, apakah fendor menginginkan sebuah tulisan yang maunya produknya di bagus-bagusin sesuai yang diinginkan. masih bingung gak, tentang penjelasan saya ini? Intinya kita pahamin dulu lah  fendornya, maunya bagaimana kita menulis, baru kita bisa tulis bagaimana cara kita menulis sesuai dengan karakter yang diinginkan fendor/penyelenggara.

Selanjutnya bagaimana kita bisa merangkai kata dengan baik dan lebih  baik lagi kalau kita mereview produk  dengan sebuah pengalaman kita dalam menggunakan produk yang pernah kita gunakan, alhasil ada sedikit pengalaman tentang kekurangan produk itu sehingga mengahsilkan sebuah kritik tentang produk yang kita review. Jangan lupa, berikan solusi yang  membangun atau bisa menjadi masukan produk tadi.

Selain itu, Mas Ardi juga memberikan sedikit masukan/Tips terhadap rekan Blogger. Beliau memberikan penjelasan tentang blogger sebagai Job Review. Seperti ini penjelasannya:
  • Jangan sampai produk yang kita review itu ngiklan banget.
  • Fokus sesuai dengan masalah atau tema.
  • Jangan sekali-kali menggunakan kata-kata yang berada di press rilies, gunakanlah kata baku. Lebih baik lagi menggunakan kata-kata merakyat seperti kata sehari-hari atau pada masyarakat umumnya.
  •  Terakhir mengingatkan, hal yang sangat tabu dalam mereview produk adalah jangan sampai membandingkan dengan brand produk lain. Misal, produk yang saya review ini sepertinya lebih jelek dengan produk B.

Penjelasan yang diberikan oleh mas Ardi ini sedikit membantu para blogger dalam hal mereview produk. Karena mas Ardi ini seorang wartawan yang katanya sudah bekerja sudah delapan tahun, jadi  tahu betul tentang bagaimana cara ia menulis dan mereview produk apalagi di bidang gadget seperti di detikinet, detik.com itu. Wowww.. Dia menjelaskan pula wartawan sama blogger itu beda. wartawan punya aturan yang harus dipatuhi  selama menulis sedangkan blogger tidak. Blogger boleh menulis sesuai dengan gayanya masing-masing, seperti kebiasan kita dengan berbicara bahasa sehari-hari. 



Usai mas Ardi acara ini dilanjutkan lagi oleh Mak Ani Bertha sebagai sharing inti,  memberikan penjelasan secara panjang lebar tentang ngebuzzer. Sebelumnya mak Ani membagi pengalamannya bagaimana ceritanya banyak di tawarin oleh brand-brand produk untuk ditulis dengan bayaran yang sesuai... wah-wahh jadi semangat nih ngeblognya. Ternyata ngeblog itu bukan hanya menerapi jiwa, tapi juga bisa menghasilkan uang bahkan dollar dengan tulisan yang kita tuliskan. Bayangkan, sedikit ngintip nilai nominal, hasil  bisa jutaaan rupiah per post... Wahh...  lagi-lagi saya sedikit kagum nih dengan inspirasinya mak Ani ... boleh lah kita bisa teladani bagaimana beliau ngeblog yang baik dan bermanfaat serta mengahasilkan benefit karena mak Ani ini mempunyai rasa ingin belajar hingga  akhirnya  bisa membagi semua ilmunya kepada kita semua. Horeee... dan sekarang sayapun ingin ikut-ikutan berbagai ilmu ahhh...  Indahnya berbagi.

Penjelasan mak Ani ini seputar buzzer yaitu bagaimana menghasilkan benevit di  blog, twitter, dan facebook.

Sumber Image


BLOG
Hal terpenting di sini adalah dilihat usia blog minimal 3 bulan, postingan  sudah 20 keatas, konten menarik, terindex google, tidak mengandung konten pornografi, terpasang google analytic. Lalu bagaimana kita mengupayakannya? yaitu dengan cara tetap konsisten update,
isi dengan konten menarik, blogwalking ke blog teman setelah itu tinggalkan jejak atau komentar, adanya personal branding, optimalkan SEO, terakhir perbanyak ikut komunitas, komunitas blogger ini diharapkan pula  bisaberbagi ilmu dan pengalaman ngeblog.

Job On Blogging
Bagaimana kita bekerja dengan jalan ngeblog? diantaranya adanya review produk atau jasa, promosi produk atau jasa yang baru di luncurkan atau launching, penyelenggaraan give away suatu brand, kampanye untuk elektabilitas tokoh, ghost writer terakhir banner.

Keunggulan Promosi di Blog
Self experince yaitu orang-orang akan merasakan blogger sudah melakukan atau memakai barang yang dirievew dengan diceritakan dalam bahasa kesehariannya. Dan jangan lupa sisipan artikel /essay yang relevan dengan subjek dipromosikan serta adanya keterikatan emosional dengan pembaca. Terakhir dapat disebarkan keberbagai platform sosial media lainnya.

Kebijakan adverteser
1. rievew produk jasa secara langsung: menuliskan rievew produk / jasa tersebut secara jelas, menggambarkan keunggulan dan kelebihannya serta menambah terstimoni.
2. rievew produk/ jasa secara tidak langsung: blogger harus membuat opini dan essay apa saja namun ada kontennya dengan apa saja namun ada kaitannya  yang akan dirievew dengan mencantumkan link, dimuat untuk di arahkan ke web advertiser, tapi tidak menunjuk bahwa dia sedang beriklan, jadi hanya mengarahkan pembaca untuk membaca link advertiser di dalam artikel yang kita buat, tujuannya sama sebagai promosi.

Bahan rievew
mengetahui produk / jasa yag akan dipromosikan dengan mencoba mencari data dari berbagai macam referensi/ mengikuti petunjuk yang di tentukan advertiser, kemudian siapkan data pendukung melalui survey/ wawacara pengguna. Terakhir olah produk secara elegan.

Kiat memperoleh job revew
Bagaimana caranya? 
  • Hunting situs-situs yang menguntungkan blogger dan adverteser, bisa lokal maupun internasional, seperti ID blognetwork.com. Sitti, dan lain sebagainya.
  • Aktif di komunitas blogger.
  • Update rutin/share postingan ke berbagai akun sosial media.
  • Sempatkan menghadiri kopdar / acara launching produk, kemudian tulis reportase dan ulasan produknya, share  ke sosial media, mention akun brand pengundang.


Selektif menerima Job
Lantas, mentang-mentang kita sudah bisa nulis di blog  lalu langsung menerima semua tawaran berbagai macam brand tanpa memikirkan di kemudian hari. Hati-hati kawan tentang hal ini, seperti:  

Pilih advertiser dan agency yang dapat di percaya. Harus ada MOU kedua belah pihak dengan tanda tangan di atas materai. Advertise blogger dipastikan memahami hak dan kewajibannya, job yang diterima di pastikan sesuai dengan konten blog, perhatikan kode etik, konten dan personal branding. Isi dengan konten sesuai, buat nama blog  dan sosmed lainnya, sesekali menulis testimoni produk dengan jujur tapi diplomatis dengan jalan memberi masukan membangun walau tanpa bayaran.

Platform
Lantas platform apa saja yng menjadi sebuah agency para blogger ini, baiklah saya akan memberikan semua info ini pada kalian semua tentang ilmu yang saya dapatkan. Disana ada:
  • idblognetwork.com
  • Sitti.co.id
  • Freelancer.co.id
  • Dariperempuan.com
  • Blogvertise.com
  • sponsoredreviews.com
  • buyblogreviews.com
  • payperpost.com
Credit



Twitter 
Untuk twitter, di harapkan follower minimal 500 follower. Jadi saling follow yuk di akun twitter aku di @makgiar *modus. Jangan lupa selalu update timeline, aktif /interaksi dengan follower, kompliment untuk  follower dengan mengadakan Quis serta sesekali adakan kulwit bermanfaat. 




credit
Facebook
Dalam hal berfacebookan sepertinya kita juga kudu aktif update status bermutu. jangan buat status seputar curhatan GEJE seperti <--------- nunjuk diri sendiri... hihi. Abaikan. Sekarang gak lagi deh. karena sudah dapat ilmunya, jadi tidak nyetatus lagi tentang curhatan geje alias kagak jelas pake banget. Kemudian interaksilah dengan membalas komentar
dan terakhir, sesekali adakan diskusi suatu topik menarik berhadiah untuk memancing banyak komentar.  *mikir diskusi apa yah yang mau di posting di status saya?


Apa yang diperoleh dari kedua media di atas seperti Fb dan Twitter?
  • Promo produk /jasa.
  • Live report acara, biasanya nih banyak yang kita tau tuh rekan blogger kita yang sering hadir di acara-acara yang mengadalkan live twit. Kalian juga sudah pada tau apa hadiahnya yang  sering mereka aplud  seperti menang live twit mendapatkan sebuah gadget seharga tujuh jutaaannn...Waww kerennn dehhh.
  • Promosi via aplud foto.
  • Tanda pagar # hastag
Terus bagaimana cara penyampaiannya?
Yang penting yang  harus perhatikan adalah adanya  bahan personal yang elegan, tidak mencontek secara mentah dari press rileis, sumber data di olah kembali dengan bahasa pribadi, adanya bahan  buzzing twitter dan terakhir, jangan lupa  konten liputan acara. 


Setelah menerima job 
Beri laporan hasil nya, jangan lupa tetap jalin  penyelengara dengan tetap memeberikan konten job dan konten pribadi dengan perbandingan 70 : 30. 30% ini konten pribadi yang saya maksut loh, sedangkan yang 70% konten bermanfaat.


Suasana Acara. Gambar di ambil dari @karelanderson


Pada saat momen-momen  terakhir,  saat mak Ani akan menjelaskan, bagaimana cara memasang adsence.com, sayangnya hape saya berdering terus dari sang mantan pacar saya yang mengharapkan saya pulang bareng dia *lebay.com. Sebelum meninggalkan ruangan, disana ada salah satu narasumber, entah secara sengaja atau enggak  setau saya tanpa ditunjuk pemandu acara dan tanpa diminta tampil...hihi, memberikan sebuah masukan bermanfaat bagi   blogger, seperti  bagaimana cara membuat blog kita menarik untuk di baca dan bikin penasaran? Di antaranya menyinggung masalah judul. Katanya judul itu penting mempengaruhi pembaca supaya penasaran membuka dan membaca konten yang kita bagikan. Bahasanya  ringan  dan sedikit ngawur itu siapa lagi kalau bukan  si Karel Anderson yang menjelaskan secara gamblang supaya konten yang kita bagikan menarik dan bisa bikin orang penasaran. Diantaranya seperti berjudul tentang sebuah pertanyaan. Seperti, bagaimana, apa, kapan dan lain sebagainya. Narsum ini membagikan tipsnya dengan gayanya renyah dan sedikit ringan, ada sedikit ketawa-ketiwinya, langsung melek deh dengan  banyolannya yang bikin isi perut  turun setelah di  isi makan siang berupa opor ayam, sayur labu, telur cabe dan tak lupa ada krupuknya tarakhir ditutup dengan sebuah puding cokat. Perut yang tadinya begah karena kekenyangan menjadi terasa ringan karena bisa tertawa sepuasnya,  perut terasa enteng buat jalann... hahaha... 

Tiba-tiba  telepon berdering kembali dari sang mantan pacar, mengabarkan sudah sampai di depan gedung  tempat kami ada acara. Acara yang belum berakhir, dengan melewati berbagai macam 'kenarsisan' yang biasa kami lakukan setelah acara. Membuat dirikuhhh kecewaaaaa*nyanyi. Baiklah, besok jika ada kesempatan dan undangan seperti ini mudah-mudahan saya bisa 'narsis' sambil kopdaran bareng rekan2 blogger.

Kesan saya dalam acara ini sedikit menambah kayakinan saya untuk terus ngeblog disamping banyak sekali yang perlu di benahin di blog saya sendiri. Saya melihat banyak sekali konten yang tidak bermanfaat yang  telah saya share. *mulai dihapus saja dah. Hihi. Jadi, Intropeksi diri jadinya. Pokoknya makasih deh ilmunya mak Ani Bertha. Jangan lupa acara selanjutnya undang kawan yang banyak lagi yah kalau ada acara bermanfaat dan inspiratif ini, sepertinya banyak tuh yang mau pada ikut. Tapi yang gak ikut kan ada nih ilmunya dari tulisan yang saya tulis,  semoga bisa membantu kawan yang belum atau tidak sempat hadir dalam acara ini.

Sekian dulu ilmu gratis yang di berikan kepada saya, selanjutnya saya berikan secara gratis pula... .Bukankah mencari berkah dengan cara memberikan jalan duluan rizki  kepada orang lain supaya kita bisa mendapatkan rizki yang lebih di kemudian hari karena semua berawal dari rasa syukur kita yang mampu berbagi terhadap sesama...aminnn....... Bravo Blogger..... saya bangga menjadi bagian dari kalian... :)))









27 comments:

  1. makasih postingnya mak. Coba saya ada di sana juga, ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya makk.. masukan untuk mak Ani...banyak tuh yang kepengen? bisa tampung gak? hihi

      Delete
  2. Keren banget-banget ini sharingnya :D Makasih banyaaak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama..... silahkan di laksanakan... semoga bermanfaat aminnn :))

      Delete
  3. Kita udah saling follow kan mak? hehe sepertinya begitu ;)
    mau jg aah belajar lagi menghasilkan uang dari socmed

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sudahh sepertinya... silahkan mak semoga bermanfaat

      Delete
  4. aih, cepet amat reportasenya, mak. Jelas dan bermanfaat sharingnya. Top!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip... cepet pake banget. Makasih mak...dirimu juga TOP deh!

      Delete
  5. Kereen mak Postingannya..
    makasih ya dah berbagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip...sama-sama mak... emang tujuannya u dibagi mak...silahkan dimanfaatkan :)

      Delete
  6. Wow mak giartii emang top reportasenya,jelas n lengkap banget ya mak...kmrin kita ga foto2 ya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaa...huaaa *nangiss.... saya kagak bisa narsis2an bareng emak2.....

      Delete
  7. Jadi saya tambah maksud...selama ini aku kemana ya? beginilah kalau ngeblog enggak fokus yaaah...hm...makasih Mak Giarti

    ReplyDelete
  8. mak, ilmunya bermanfaat banget, palagi buat 'anak baru' kayak sayah, hihi. btw aku dah follow twitternya yaaa.. barusan. salam kenal mak.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak..makasih udah di follow....:D Salam kenal kembali :)

      Delete
  9. Lengkap dan bermanfaat Jeng..maturnuwun ilmunya

    ReplyDelete
  10. Iya mak Astutiana.......sama-sama

    ReplyDelete
  11. setuju,mak...sharing dari narsumnya memang keren2.kemaren rasanya memang kayak nampar diri sendiri. Jadi sadar selama ini nggak memaksimalkan apa yg di miliki. Nulis status aja jarang banget..
    mulai hari ini, aku coba mengubah rasa malasku mjd sesuatu yg bermanfaat. Yuk, mak semangat.Kita Nikmati setiap prosesnya..Insya Allah kesuksesan menanti :) *Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mak Waya..... Makasih yah AMinn semoga sukses semua

      Delete
  12. Wow, lengkap bana ^_^ dari A - Z,
    T O P mba Sri

    ReplyDelete
  13. eaaa :) makasih mas Irpan..salam kenal

    ReplyDelete
  14. Wah reportasenya cukup lengkap, sayang ga ikut photo bareng krn ditunggu patjar yah Mak ^_^ Lain kali mak Giarti share yahh ilmu ngeblognya :)

    ReplyDelete
  15. Mak Giarti yg pake baju apa ya Mak.. waduhh ini nih karena datang terlambat jadinya ga sempet say hello.. Kenalin mak, saya Riski Fitriasari.. member KEB juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mak..di twitter kita sudah saling follow kan...sayanya bagaimana...hihihi

      Delete
  16. makasiih mak sharingnya ^^ bermanfaat..
    *salam kenal ya mak..

    ReplyDelete

Followers