Tuesday 10 September 2013

Pernah Berumur 13 Tahun

Foto diambil saat study tour di PT.PAL Surabaya. Usia sudah 15 tahun saat kelas 3 SMP






Umur 13 tahun.........
Seingat saya waktu itu saya masih duduk di bangku SMP kelas satu deh.... 
Masa itu adalah dimana masa saya menyesuaikan kehidupan Abg--Istilah kerennya jaman sekarang...tapi tidak dengan saya waktu itu...yah Orang satu dengan yang lain yang pasti hidupnya berbeda...tapi kalau soal gaya dan penampilan anak dulu dan sekarang sepertinya beda deh......Mungkin berbagai faktor dan latar belakang mempengaruhi.

Kalau saya terus terang dari kalangan orang biasa*gak ada yang nanya yang pasti juga udah tau...Waktu itu saya Sekolah dikampung dan sengaja di titipkan simbah supaya orang tua saya bisa merantau di Jakarta..untuk mencari nafkah. Kehidupan seperti roda berputar...seiring waktu berjalan....kamipun sekarang bisa tinggal di Jakarta dan menjadi warga tetap disini dan Alhamdulillah ada tempat dengan sebidang tanah yang menurut kami cukup untuk kami bernaung dan berteduh dan ini adalah rizki yang diberikan yang maha kuasa lebih dari cukup dari sebelumnya. Sudah yah nyampe disini ngomong kehidupan...Sekarang yang ingin saya bicarakan bagaimana rasanya saat berumur 13 tahun?

Kehidupan masa itu terus terang yang namanya naksir atau suka dengan lawan jenis sepertinya sudah deh.... Lawong saya saat kelas enam SD saja sudah tau, mana cowok yang ganteng dan enggak...hihi....
Ngomong-ngomong masa itu sepertinya ingin memiliki yang orang punya ..Seperti halnya, teman mempunyai sepeda, saya juga ingin di belikan. Teman  cewek saya kalau sekolah selalu pake handbody...sayapun dulu juga kepingin pake  handbody juga , pengen pakai bedak orang dewasa dan lain sebagainya. Saat itu yang saya rasa adalah sikap saya yang mulai beranjak dewasa.....Masalah emosi, saat saya  marah atau tidak suka dengan teman adanya musuhan...diam-diaman bahkan sempat adu jotos walau dengan lawan jeniss...wahaha ketauan hihihi....tapi sekali lagi jangan dibandingin dengan yang lain yah....ingat kehudupan seseorang itu berbeda dengan yang satu dan lainnya...

Yah itu contoh sederhana yang saya alami saat  usia 13 tahun.....Semua kembali lagi ke kita, cumannn...kalau kita kaitkan dengan  isu yang lagi berkembang saat ini..sepertinya memberikan pelajaran berharga bagi saya sebagai ibu yang besok bakal mempunyai anak seumuran 13tahunan dan perasaan itu sepertinya kita pernah ngalamin...."Ingin sama dengan yang lainnya dan hal-hal yang berhubungan dengan teman lawan jenis...dan lain sebagainya".


Tidak ingin ikut-ikutan beropini tentang isu yang beredar saat ini....baik itu tentang perhatian orang tua, maupun kasih sayang yang diberikan orang tua, tentang cara asuh anak dan lain sebagainya. Semua orang pasti punya cerita kehidupan sendiri dan masing-masing cara mereka mengasuhnya. Cuman disini saya turut prihatin atas kejadian ini... Hukum yang  yang sudah di tulis dengan tidak memberikan ijin kepada anak di bawah 17 tahun mengendarai kendaraan dan tidak memberikan SIM adalah hal yang perlu kita suarakan disini...........Siapapun dan dimanapun yang di dekat kita minimal keluarga kita sendiri maupun yang terdekat dengan kita seperti saudara...tetangga ada baiknya kita beritahu sebelum banyak jatuh korban jiwa lagi....

Sayang bukan berarti memberikan apa yang anak mau....tapi adakalanya anak kita ajarin bahwa hidup tak selalu mudah...semua butuh perjuangan.....

Semoga kita semua menjadi Ibu, emak ataupun orangtua yang bisa menjaga putra putri kita masing-masing dan menjadi tauladan yang baik. InsyaAllah....

Kala aku  SMP

No comments:

Post a Comment

Followers