Thursday, 29 August 2013

Indonesia "Real Adventure Asia"

http://www.indonesia.travel dan id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Indonesia
Hari Ketiga (Rabu, 28/08/2013) : Branding Nation
Indonesia kaya dengan beragam budaya, namun di sektor wisata, Malaysia lebih berhasil mem-branding “Truly ASIA”. Kira-kira apa ya branding yang cocok untuk Indonesia? Buat tagline, dan jelaskan kenapa tagline itu cocok untuk Indonesia di kawasan ASEAN




***************************
Sebelum kita menentukan tagline yang tepat sebagai branding nation, alangkah baiknya kita kenali dahulu Indonesia. Indonesia di lihat dari letak geografisnya. Indonesia adalah satu-satunya negara berkepulauan terbesar di Asia Tenggara. Letak Indonesia berada diantara  benua Asia dan Australia. Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas perairannya 3.257.483 km². Bisa dibayangkan dan bandingkan luasnya angka Indonesia antara daratan dan lautannya. Jelas terlihat Indonesia memiliki wilayah lautan yang lebih luas lautannya dibandingkan daratannya.


Daratan.
Daratan Indonesia terkenal dengan hutan-hutan  yang masih lebat dan gunung-gunung yang menjulang dengan ketinggiannya. Fakta ini bisa kita dapat dari berbagai informasi.  Indonesia memiliki hutan gambut, hutan hujan tropis, dan hutan muson. Hutan-hutan yang ada Indonesia ini sekarang mulai di lindungi keberadaannya karena di dalam hutan terdapat Flora dan Fauna yang harus lindungi dari segala kepunahan. Selain di lindungi saat ini hutan di Indonesia dijadikan bahan observasi  atau penelitian maupun sebagai obyek wisata alam yang banyak di cari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain Hutan, daratan Indonesia terdapat banyak gunung. Gunung-gunung yang berada di Indonesia teegolong aktif dengan adanya gunung merapi. Selain itu gunung yang berada di indonesia juga terkenal akan ketinggiannya. Sebuat saja Gunung Lauser yang berada di Aceh. Taman Nasional Gunung Leuser ini terkenal akan kemegahan dan kekayaan hutan lebat Sumatera. Selain Sumatra di pulau Jawa ada beberapa gunung yang terkenal besar dan masih aktif. seperti  gunung Krakakatau, gunung Merapi, gunung Merbabu. gunung Semeru, gunung Bromo dan lain sebagainya. Selain itu ada gunung yang terkenal akan ketinggiannya. Gunung ini menempati nomor satu  gunung tertinggi di Indonesia. Gunung puncak jaya yang barada di Papua adalah gunung tertinggi di Indonesia. Gunung ini terkenal dengan nama puncak Piramida Carstensz.

Dari semua gunung di indonesia menjadikan gunung ini sebagai lokasi berwisata dengan mengadakan wisata gunung, biasa disebut hiking. Pesona gunung menjadikan wisata para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk  berpetualang. Contoh lain  adanya Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung Rinjani ini terkenal dengan Penjelajahan Alam Terbaik di Asia Tenggara. Bisa kita bayangkan daratan Indonesia sudah menjadi ketertarikan wisatawan untuk terus berkunjung dan berpetualang di negara ini. Selain itu hutan dan gunung di jadikan tepat edukasi alam. Para pelajar pada umumnya melakukan penelitian dengan melakukan berbagai macam pendakian gunung maupun penjelajahan hutan yang berda di Indonesia.


Lautan
Jika dilihat lautan Indonesia banyak menyimpan pesona dan keindahan alam dengan menampilkan berbagai keindahan pantainya. Karena Indonesia di dominasi dengan kepulauannya, menjadikan pulau -pulau yang berada di Indonesia menjadi daya tarik sendiri. Dari  barat  Indonesia, Berlokasi di daerah Aceh, disana ada  pulau Weh yang menawarkan pesona dan keindahan lautan. Pulau Bangka Belitung juga terkenal akan keindahan lautannya. Di pulau Jawa khususnya Jakarta, terdapat adanya kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu ini banyak seklai pulau-pulau yang menawarkan berbagai macam wisata alam laut maupun ekosistemnya. Pantai-pantai lain yang berada di pulau Jawapun juga banyak diminati banyak wisatawan, sebut saja pantai Pangandaran, pantai anyer, pantai Parangtritis dan lain sebagainya. Semakin kearah timur indonesia kita kan menemukan pulau Bali yang sudah terkenal di mancanegara dengan segala eksotis keindahan pantai dan budayanya. Disampuing pulau Bali ada Pulau Lombok. Pulau Lombok yang sekarang menjadi tujuan kedua setelah Bali menjadikan tempat ini juga menjadi tempat yang indah terutama keindahan pantainya atau lautnya. Semakin ketimur ada Nusa Tenggara Timur yang juga terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Sampai kitake timur Indonesia kita akan  menemukan surga Timur Indonesia yang terkenal dengan nama Raja Ampat. Pesona Raja Ampat ini juga memperlihatkan pesona bawah laut dengan  penyelaman di dasar laut Papua.

Di Sulawesi juga menawarkan eksotik pantainya dengan adanya pantai menjadi favorit banyak wisatawan. Mengingat  negeri ini adalah negara kepulauan dengan garis pantai terpanjang dan memiliki pemandangan tropis mempesona. Salah satu wisata  alam pantai nan memukai dapat ditemukan di Pantai Dato Majene yang berlokasi di Sulawesi Barat. Belum lagi wilayah Kalimantan Barat yang terkenal dengan Kota garis Katulistiwa. Disana juga kita bisa temukan sungai terpanjang di Indonesia dengan adanya sungai Kapuas. Semua lautan yang ada Indonesia banyak sekali keanekaragaman yang jarang ditemui oleh negara barat dan negara Asia Tenggara pada umumnya. Hanya Indonesia, dengan banyaknya kepulauan inilah menjadi sebuah nilai pariwisata yang harus dilestarikan dan wajib dijaga keindahannya.

Dari kedua pandangan saya tentang daratan dan lautan yang berada di Indonesia memberikan kesimpulan bahwa Indonesia adalah negara yang banyak sekali menawarkan pesona alam. Disini sepertinya para wisatawan baik lokal maupun mancanegara dituntut untu melakukan sebuah petualangan yang membuat daya tarik kegiatan wisata alam baik itu wisata gunung maupun wisata lautan.


Tari Pendet

Tari Kecak

Selain kita lihat dari segi geografisnya, sekarang  kita lihat dari segi kebudayaan lain  Indonesia dengan pesona tari-tariannya dari masing-amsing propinsi. Contohnya tari Saman yang berasal Aceh yang gerakannya menggunakan energi dan semangat dalam setiap gerakannya. Lanjut ke Jawa tarian Indonesia juga banyak di didominasi adanya silat yang sudah sejak dulu mengakar dalam budaya bangsa. Bali dengan tarian Pendet dan Kecaknya yang juga menggunakan tenaga dan semangat yang lebih dalam setiap gerakannya. Sulawesi dan Kalimantan juga mereka juga menggunakan tarian dan silat dalam setiap seni budayanya. Terakhir Papua, juga terkenal akan tarian Sajojo. Selain itu Indonesia juga banyak dipengaruhi bahasa Melayu. Sebagian penduduknya berprofesi sebagai Petani.

Dilihat dari makanan Indonesia . Indonesia dinominasi dengan masakan pedas. Dari sabang sampai merauke indonesia memang terkenal dengan masakannya yng pedas. mereka selalu menambahkan cabe di setiap masakannya. 



Wonderful Indonesia


Jadi bisa saya simpulkan dengan melihat bebagai macam Cirikhas Indonesia dengan adanya  kepulauannya dan menjadikan negara kepulaun ini untuk di jelajahi dan di lestarikan keindahannya. Keindahannya baik daratan hingga dasar laut. Menurut pandangan saya Indonesia memang menarik para wisatawan asing maupun lokal untuk berpetuang dengan menjelajah hutan, mendaki gunung, surving sampai menyelam.  menjadikan tagline ini saya ingin sematkan. 

Taglinenya adalah Indonesia "Real Adventure Asia"

Kenapa tagline ini sangat cocok untuk Indonesia. Alasannya sudah saya uraikan diatas karena Indonesia terdapat banyak kepulauan yang di dalamnya terdapat berbagai macam pesona dengan adanya hutan dan gunung serta lautan yang banyak mendominasi wilayah Indonesia dengan keanekaragaman  ekosistem di dalamnya. Disana juga  terdapat ekosistem langka yang perlu di jaga kelestariannya. Jadi wisatawan lokal maupun mancanegara sepertinya di tuntut untuk menjelajah setiap sudut wilayah Indonesia agar bisa menemukan dan merasakan sebuah keajaiban dan pesona yang di tawarkan Indonesia. Begitu juga sebaliknya Indonesia dalam menyajikan setiap sambutannya baik itu berupa tarian maupun berupa masakan.Indonesia seperti sebuah negara yang menawarkan tantangan untuk di coba dan menumbuhkan sportifitas yang tinggi di setiap pelaksanaanya. Ini ciri khas Indonesia.



Sumber referensi: 
  •  id.wikipedia.org/wiki/Indonesia
  •   id.wikipedia.org/wiki/Tari_Bali
  •  http://www.indonesia.travel 
  •  id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Indonesia
  • id.wikipedia.org/wiki/Daftar_gunung_di_Indonesia


1 comment:

  1. bikin tantangan ini jd pgn jln2 kliling indonesia ya mak :)

    ReplyDelete

Followers