Tuesday 23 April 2013

Kartini Era Teknologi Informasi dan Komunikasi "Inspiring Woman In ICT"

Kartini namanya sudah kita kenal sejak dulu. Sejak aku masih duduk di bangku TK Kartini sudah dikenalkan melalui kegiatan lomba busana dari berbagai daerah. Namanya semakin aku kenal sampai sekarang. Hingga pada kesempatan ini aku lebih dikenalkan seorang sosok Kartini yang semakin pintar dengan memanfaatkan teknologi informasi yang sedang berkembang sesuai eranya yaitu zamannya teknologi informasi dan komunikasi. Kaum perempuan baik sebelum ataupun sesudah Kartini, sudah banyak berjuang untuk meraih kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki.

Alhamdulillah pada kesempatan ini dari kumpulan aku bernaung,  Emak Blogger di undang. Acara Kominfo yang menyelenggarakan perhelatan dalam penganugrahan perempuan Indonesia untuk di jadikan inspirasi dalam dunia ICT. Senin tanggal 22 April 2013 bertempat di ruang Birawa Hotel Bidakara Jakarta kegiatan "Kartini next Generation Award 2013" berlangsung. Kegiatan ini mengusung tema "Inspiring Woman In ICT", yang dimaksudkan untuk mengangkat tokoh-tokoh perempuan di bidang IT dan memberikan penghargaan pada perempuan Indonesia yang telah mendedikasikan talentanya dan menjadikan inspirasi untuk kemajuan Bidang teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) maupun di bidang lainnya dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Narasumber Seminar



Aku bersama rekan Emak Blogger mak Vema, mak Aulia, mak Juli dan mak Tri Sapta hadir dalam kesempatan ini. Sebelum malam penganugrahan Kartini, pada kesempatan ini kegiatan diisi dengan adanya seminar "Pemberdayaan Perempuan dengan menggunakan TIK", pada kesempatan ini pertama yang berbicara adalah,

 Aviliani ( Ekonom)
Perempuan dan ICT saling keterkaitan. Beliau menjelaskan peran perempuan di bidang ekonomi yang berhubungan dengan teknologi informasi, menunjukkan bahwa perempuan bisa sebagai tulang punggung keluarga dan menjadikan perempuan di era teknologi menggunakan semua teknologi yang ada sebagai media informasi seperti bisnis Online, usaha mikro dan lain sebagainya.  Dan menjelaskan bagaimana perempuan bisa berhasil dalam hal ini. Dengan menguasai teknologi semua di mudahkan bahkan bagi kaum ibu rumah tangga.

Indra Utoyo ( Direktur IT, PT.Telkom Indonesia)
Indonesia adalah negara sosial media pengguna terbesarnya adalah perempuan. Bisa aku bayangkan betapa perempuan Indonesia ingin maju, contohnya seperti aku diantaranya. Menggunakan teknologi Infomasi gak sekedar silaturahmi maupun mencari kawan. Disana aku bisa dapatkan berbagai informasi menarik tentang berbagai hal seumpamanya mencari informasi tentang info seputar kuliner karena aku suka akan kuliner.

Joko tata Ibrahin (Smarfren)
Beliau termasuk pihak yang mewakili sponsor smarfren yang memberikan penjelasan jam-jam free untuk berinternet. Ternyata jam 12 malam sampai jam 6 pagi. Ini juga menjadi kesempatan saya untuk menulis karena jam segitu waktunya anak sudah tidur tanpa mengganggu mereka dan menggunakan waktu  untuk  ngeblog.

Dinno Indiano ( Direktur Utama BNI)
Beliau menjelaskan bagaimana menggunakan perbankan di dunia internet. Produk syariah berbasis teknologi yaitu internet banking dan sms banking.

Betty Alisyahbana (pakar TIK)
Beliau melakukan berbagai macam riset kepada perempuan seluruh Indonesia yang menggunakan teknologi sebagai media Informasi. Beliau membagi risetnya dalam 3 kelompok
  1. Perempuan  dalam Rumah Tangga
  2.  Perempuan Profesional
  3.  Perempuan dalam Interpreneur

Perempuan dalam keluarga sebagai Ibu rumah tangga. Dengan ICT,  sekarang perempuan lebih pandai dan terbuka. Dengan internet bisa mengembangkan ketrampilan dan eksistensinya meskipun di rumah. Peluang kedudukan yang sama bagi kaum laki-laki

Perempuan Profesional
Sebagai perempuan profesional menjadikan perempuan gak jadi pekerja tapi juga sebagai penyambung dalam penggunaan teknologinya. Penggunaan Skype yang jauh terasa dekat. Dan  perempuan menggunakan ICT sebagai penerjemah sebagai sosisal media untuk mendapatkan klien.

Perempuan dalam Interpreneur
Dengan menggunakan ICT perempuan bisa go internasional. Memanfaatkan internet untuk mendapatkan suplayer dari luar negri maupun dalam negri dan menjualnya melalui internet.

Seminar berakir dilanjutkan sholat magrib dan makan malam.  Acara dilanjutkan pengumunan para finalis. Inilah saat yang ditunggu-tunggu  membuat aku jadi penasaran dan  aku bela-belain sampai larut malam. Pikiran aku saat itu anak dan sedikit kacau karena rumahku jauh dari lokasi. Pukul menunjukkan jam delapan malam, saya tahan untuk segera meninggalkan semuanya karena nanggung. Selain ingin saya tau tentang peran perempuan di era sekarang keinginan saya ingin tau siapakah Kartini yang beruntung malam itu. Akhirnya kehadiran pak Menteri Kominfo sedikit melegakan hatiku. Apalagi setelah melihat beliau, pertama yang disapa bangku kami dengan ucapan "Assalamu'alaikum" dengan senyum khasnya yang ngangenin itu lho. Di tambah pantun nya yang sering terdengar saat pidatonya yang santai tapi serius.

Bapak Tifatul Sembiring (Menkominfo)



Akhirnya  puncak acara pengumunan Kartini Next Generation Award 2013 di umumkan. Peserta kartini di tentukan yaitu perempuan berwarga negara Indonesia dan berumur 20-40 tahun. Kriteriannya di lihat dari
  1. personality, 
  2. Originality, Creativitas dan Innovation
  3. Promotion 
  4. Impact, dan
  5. Sustainnable Environment. 

Sebelas finalis Kartini next generation award 2013

Dari sebelas finalis, dipilih lah enam perempuan sebagai "Kartini Next Geneartion 2013". Kategorinya sebagai berikut beserta pemenangnya:
  1.  Inspiring women in ICT for education, pemenangnya Septi Peni Wulandani. 
  2.  Inspiring women in ICT for enterpreneur, pemenangnya Stefanie Kurniadi 
  3. Inspiring women in ICT for creative media, pemenangnya Adiska Fardani. 
  4.  Inspiring women in ICT for community development, pemenangnya Nila Tanzil.
  5.  Special award for inspiring women in ICT adalah Angkie Yudistia.
  6.  Special award for inspiring women in ICT adalah Aulia Halimatussadiah.
Pemenang Kartini Next Generation Award 2013



Bersama emak2 blogger








4 comments:

  1. Kunjungan pertama di blog ini Mak.. salam kenal.
    seneng membaca reportasenya... pasti seneng ya bisa hadir di acara yang memberikan tempat istimewa bagi para wanita itu?

    BTW.. warna templatenya yg soft membuatku serasa mampir ke blogku sendiri Mak :)

    ReplyDelete
  2. Maaf Mak fotomu belum aku tag. Ada yang terang lho.

    ReplyDelete

Followers