Wednesday 24 April 2013

[Harmoni Indonesia-TokoOn.com] Batik Pekalongan Semakin Mudah di Dapat Melalui TokoOn.com


Miniatur Candi Borobudur di Anjungan Jawa Tengah

Taman Mini Indonesia Indah adalah sebagai Obyek Wisata yang terletak di Jakarta Timur. Keberadaannya selain tempat rekreasi keluarga juga dijadikan sebagai pusat edukasi bagi generasi penerus bangsa supaya keberadaan kebudayaan Indonesia bisa dengan mudah di ketahui dan di pahami serta di lestarikan oleh generasi yang akan datang.


Taman Mini Indonesia Indah selain sebagai tempat wisata, rekreasi keluarga dan sebagai pusat edukasi, merupakan tempat perjalanan roda ekonomi masing masing daerah.Pendapatan daerah yang berasal dari sebuah hasil kerajinan tangan anak bangsa menjadikan Taman Mini sangat penting untuk membantu pendapatan Daerah dari berbagai Propinsi di seluruh pelosok Tanah Air. Minggu tanggal 21 April 2013 saya beserta rekan Blogger Reportase Indonesia di beri kesempatan yang kedua untuk mencoba Wifi-nya Indosat di    Taman Mini Indonesia Indah . Acara ini juga di meriahkan  sebuah media Online yang menawarkan berbagai macam hasil budaya berbagai daerah di TMII oleh TokoOn.Com.

TokoOn.com merupakan portal belanja dan transaksi online yang menjamin keamanan dan kenyamanan transaksi. Toko Nyaman, Transaksi Aman. Taman Mini Indonesia Indah  disamping sebagai pusat edukasi juga bisa di jadikan lahan bisnis bagi pendapatan daerahnya masing-masing. Misalkan saja karya anak bangsa yang sering dipamerkan di TMII yaitu batik. batik juga bermacam-macam asalnya. Bisa dari batang, Pekalongan, Yogyakarata, dan lain sebagainya.

Pertama saya dan rekan Blogger lainnya berkumpul di Teater Tanah Air Indonesia. Disana ada sambutan dari TMII Bapak Joko Budiono selaku koordinator Museum TMII. Beliau memberikan penjelasan bagaimana menulis tentang kebudayaan yang ada di Indonesia yang gambarannya secara rinci bisa dilihat di berbagai macam anjungan daerah yang ada di TMII. Beliau menekankan untuk tetap cinta pada produk Indonesia yang sudah berakar sejak dahulu. Seperti hasil batik dan berbagai macam kerajinan yang ada di semua berbagai daerah. Selain itu beliau mengatakan bahwa semua yang ada baik budaya maupun kesenian yang ada di TMII bisa digali secara mendalam agar generasi penerus mengetahui akan budaya dan hasil nya. Agar kelak suatu saat nanti mereka mengetahui budaya yang sejak dulu di wariskan oleh para leluhurnya.




Kedua sambutan dari tokoon.com yang memberikan penjelasan  yang ada didalam TMII. Mereka memberikan penjelasan bagaimana produk-produk yang berasal dari berbagai macam daerah bisa dikemas disana untuk dijadikan bahan acuan dalam sebuah pemilihan produk dalam negri seperti produk batik, kerajinan maupun kulinernya.

Akhir pada acara yang bikin membuat banyak tawa adalah sambutan dari ketua Admin Brid Mas Hasmi Srondol. Dengan gaya bahasanya yang bikin ketawa tapi mengandung banyak makna bagaimana kita memaknai sebuah kebudayaan. Kebudayaan bangsa yang sejak dulu sudah ada sebelum generasi ada dan semangat ngeblog. Budaya akan menyampaian informasi melalu sebuah media sosial Facebook, Twitter maupun Blog yang sejak dulu leluhur kita pernah menyampaikan dalam bentuk yang berbeda seperti sebuah prasasti maupun sebuah tulisan batu.




 Akhirnya kami diantar pada sebuah anjungan Yogyakarta, disana kami sekedar makan siang sebelum melanjutkan perjalanan mengetahui sebuah karya anak bangsa yang bisa di  wujudkan  baik dalam sebuah seni tari, kerajinan maupun berbagai karya khas daerah baik sebuah makanan atau minuman.

Pada kesempatan ini saya berkunjung di Anjungan Jawa Tengah. Disana saya melihat banyak sekali karya anak bangsa yang di pamerkan, baik busana, pernik-pernik, kain, maupun batik yang berada di daerah Jawa Tengah. Pekalongan adalah suatu daerah yang saya lirik saat itu, karena kota ini termasuk batik yang namanya sudah aku tau sejak dulu. Bajuku dari tahun ketahun koleksinya banyak dari Pekalongan.


Batik merupakan salah satu cara pembuatan bahan pakaian.Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam. 

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa pada masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga pada masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.(Sumber dari Batik_Wikipedia).

Saat saya berkunjung disana saya tidak menemui dan melihat bagaimana batik itu di buat dan sedikit mengacu pada pembuatannya saya sedikit melihat berbagai informasi yang terkait supaya saya lebih tau bagaimana cara membuat batik. Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutra, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.(Sumber Batik-Wikipedia).













Dari sekian batik yang di pamerkan di Anjungan Jawa tengah saya berharap bisa membeli . Tapi disini ada TokoOn.com yang bisa membantu kita dalam melakukan  transaksi baik beli maupun pengirimannya. Melalui transaksi onlinenya bisa mempermudah kita saat melakukan transaksi dan yang pasti kepercayaan akan semua produk asli Dalam Negri  membuat kemajuan ekonomi bangsa itu sendiri dalam persaingan  produk Luar Negri. Maka dari itu "Cintailah Produk Dalam Negri". Jadikan semua warisan leluhur kita sebagai bentuk cinta akan karya dan budaya Indonesia yang sudah berakar dari dahulu.

TokoOn.com menyediakan berbagai macam produk batik diantaranya Batikku Bagus (Batik). Silahkan hubungi Tokoon.com untuk memperoleh semua informasi produk maupun harganya. Disana kita bisa memilah memilih bahan batik yang sesuai dengan keinginan kita.

5 comments:

  1. Sudah lama gak ke TMII. Semoga menang, Mak :-)

    ReplyDelete
  2. Bagus liputannya mak, semoga bisa masuk nominasi....

    ReplyDelete
  3. Yuk saling ngelike di tokoon ... blog saya www.aliemhalvaima.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. batik produk asli dalam negeri,sayang banyak juga yang di palsukan

    ReplyDelete

Followers